DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 18:53 WIB

Hore, Jalur Penyelamat di Pacet-Cangar Segera Dibangun

Enggran Eko Budianto - detikNews
Hore, Jalur Penyelamat di Pacet-Cangar Segera Dibangun Lokasi yang hendak dibuat jalur penyelamat di jalur wisata Pacet-Cangar (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto - Banyaknya angka kecelakaan akibat rem blong di jalur wisata Pacet-Cangar akan segera teratasi. Itu setelah Pemprov Jatim menyetujui pembangunan jalur penyelamat di jalur tersebut.

Kaur Bin Ops (KBO) Sat Lantas Polres Mojokerto Iptu Nur Rosyid mengatakan, usulan pembangunan jalur penyelamat telah disetujui oleh Pemprov Jatim. Titik pembangunan juga telah ditetapkan di jalur provinsi tersebut.

"Titik yang sudah ditetapkan di tikungan Gotekan dan turunan di atasnya, mulai dikerjakan minggu depan," kata Rosyid saat dihubungi detikcom, Jumat (13/10/2017).

Jalur penyelamat ini menghabiskan dana Rp 260 jutaJalur penyelamat ini menghabiskan dana Rp 260 juta (Foto: Enggran Eko Budianto)
Di jalur wisata Pacet-Cangar (Kota Batu) selama ini kerap terjadi kecelakaan tunggal akibat kendaraan wisatawan mengalami rem blong. Jalur ini didominasi turunan curam dan tikungan tajam. Saat hari libur, jalur ini ramai dilalui wisatawan, baik yang berkunjung ke kawasan Pacet, Cangar maupun ke Kota Batu.

Jalur penyelamat sendiri, menurut Rosyid akan dibangun sepanjang 30 meter dengan lebar 7 meter. Landasan jalur berupa kerikil dan tanah akan dibuat menanjak sehingga membantu pengereman. Saat kendaraan wisatawan mengalami rem blong, bisa langsung beralih ke jalur ini agar tak terjun ke jurang atau menabrak pembatas jalan.

"Jalur itu akan cukup untuk memperlambat kendaraan yang mengalami rem blong," terangnya.

Pembangunan jalur penyelamat ini, tambah Rosyid, diperkirakan akan menghabiskan dana Rp 260 juta. "Kami hanya mengusulkan, yang mengerjakan termasuk anggaran nanti dari Pemprov Jatim," tandasnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed