DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 18:39 WIB

Puji Command Center Surabaya, Kakorlantas: Jadi Contoh Nasional

Grasella Sofia Mingkid - detikNews
Puji Command Center Surabaya, Kakorlantas: Jadi Contoh Nasional Kakorlantas Polri dan Kapolrestabes Surabaya di Command Center Polrestabes Surabaya (Foto: istimewa)
Surabaya - Untuk kesekian kalinya, Command Center Polrestabes Surabaya mengundang decak kagum. Setelah Menpan RB, kini giliran Kakorlantas Polri yang memberikan pujian.

"Kami bangga ya, ruangan Command Center Surabaya bisa jadi contoh yang akan diangkat ke tingkat nasional," ujar Royke, Jumat (13/10/2017).

Menurut Royke, bangunan Command Center Polrestabes Surabaya ini termasuk kokoh dan efektif. "Saya sudah lihat tadi, lantai satu sampai lantai dua, cukup kokoh, efektif dan praktis ya, dari atas bisa kendalikan yang ada di bawah," kata Royke.

Royke juga mengatakan bahwa kondisi tersebut baru terlihat di Surabaya.

"Ini baru terjadi dan terlihat di Surabaya, jadi kami bangga dengan itu," tambahnya.

Kakorlantas juga ikut mengawasi traffic Surabaya hari iniKakorlantas juga ikut mengawasi traffic Surabaya hari ini (Foto: istimewa)
Royke menjelaskan, dalam anggaran Korps Lalu Lintas Polri sebenarnya sudah ada anggaran untuk bangunan seperti ini.

"Ada anggaran untuk Regional Traffic Management Center yang sampai saat ini sudah ada di beberapa Polda meski belum banyak," tuturnya.

Ke depan, Royke mengatakan akan secara perlahan mengembangkannya. Dalam kesempatan ini Royke juga memantau langsung penindakan tilang elektronik di Command Center Polrestabes Surabaya. Menurut Royke, ke depan akan ada regulasi yang jelas terkait tindak lanjut proses tilang tersebut.

"Dalam masa transisi ini, tindak lanjutnya yaitu bukti dikirim ke alamat pemilik, ke depan regulasinya akan direvisi, diperjelas," ujarnya.

Saat ini yang dilakukan kepolisian adalah mengirimkan surat tilang ke alamat sesuai identitas kendaraan. Demikian juga dengan plat nomor kendaraan. Ke depan, menurut Royke akan ada kajian lebih lanjut.

"Kalau di negara-negara maju kan hurufnya warna gelap, backgroundnya yang terang, kalau kita kan untuk kendaraan pribadi kebalik. Nah itu kadang agak susah dideteksi CCTV," katanya.

Karena itu, pihaknya akan mengadakan kajian plat nomor kendaraan.

Command Center Polrestabes Surabaya jadi contoh yang akan diangkat ke tingkat nasionalCommand Center Polrestabes Surabaya jadi contoh yang akan diangkat ke tingkat nasional (Foto: istimewa)
"Akan dirubah regulasinya, targetnya sampai ada peraturan Kapolri, tahun depan kami akan koordinasi terkait anggaran negara apakah memungkinkan untuk transisi itu, barulah dilakukan secara nasional," tambahnya.

Dalam kunjungannya, Royke turut memantau pelanggaran lalu lintas yang terjadi di Surabaya hari ini. Beberapa diantaranya adalah pelanggaran menerobos lampu merah, di daerah manyar, Surabaya.

Royke menambahkan, tilang elektronik ini merupakan bentuk modernisasi kepolisian.

"Jadi bukan hanya perilaku saja yang modern, tapi alat juga. Ini juga akan ngirit tenaga," ujarnya.
(iwd/iwd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed