DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 18:01 WIB

Kualitas SDM Mahasiswa di Banyuwangi Ditingkatkan

Ardian Fanani - detikNews
Kualitas SDM Mahasiswa di Banyuwangi Ditingkatkan Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Lulusan baru perguruan tinggi membutuhkan bekal dalam mencari pekerjaan. Tak hanya tentang informasi pekerjaan, namun memanfaatkan skill dan teori yang dimiliki sangat diperlukan.

Untuk itu, Politeknik Banyuwangi (Poliwangi) berkerjasama dengan PT Bumi Suksesindo (PT BSI) menggelar kuliah umum, Jumat (13/10/2017) untuk meningkatkan kualitas SDM .

Kuliah Umum kerja sama dengan Poliwangi ini sengaja digelar PT BSI, sebagai wujud komitmen perusahaan dalam mendukung program Pemerintah Daerah Banyuwangi. Khususnya dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) lulusan kampus di Bumi Blambangan. Sekaligus sebagai salah satu penyaluran CRS Bidang Pendidikan.

Tampil sebagai pembicara adalah Manager Corporate Social Responsibility (CSR) PT BSI, Basyori Saini. Dihadapan ratusan mahasiswa lintas jurusan yang akan diwisuda Februari 2018 mendatang, dia menyampaikan tentang berbagai pengalaman serta tips bagaimana menghadapi persaingan kerja yang semakin ketat.

"Kesuksesan itu tidak bisa ditunggu, tapi harus dikejar, jadi sebagai mahasiswa dan generasi muda, harus aktif dan pandai membaca peluang serta perkembangan zaman," katanya kepada para mahasiswa.

Tentang kompetensi, tambah Basyori, juga mendorong peserta Kuliah Umum untuk menguasai bidang keilmuan sesuai dengan jurusan masing-masing. Dengan begitu, setelah lulus dari kampus, mereka tidak akan kesulitan mendapatkan lapangan kerja yang sesuai dengan bidang keilmuan.

"Kenapa itu penting, karena saat pekerjaan kita sesuai dengan bidang keilmuan yang dikuasai, maka bisa meningkatkan produktivitas kerja kita," ungkapnya.

"Setelah usaha keras kita lakukan, ada satu faktor penentu hasil yang paling penting, yaitu Tuhan. Karena itu, kita tidak boleh meninggalkan doa," pungkas Basyori.

Kuliah Umum ini disambut positif oleh para mahasiswa. Salah satunya adalah Mira Siska. Menurutnya, dalam mencari pekerjaan diperlukan profesionalitas. Selain itu pemanfaatan ilmu yang didapat dari perkuliahan, seyogyanya diterapkan dan disesuaikan dengan kondisi yang ada.

"Senang sekali bisa ikut, dari sini kita bisa memahami bagaimana cara kita menata diri kedepan dalam mengejar profesi sesuai dengan bidang keilmuan yang kita miliki," ucap Mahasiswi Agri Bisnis Poliwangi, Mira Siska.

Berbeda lagi dengan Andi Wahyudi. Usai mengikuti Kuliah Umum dari Basyori, mahasiswa Teknik Sipil ini jadi kepincut untuk melamar menjadi karyawan PT BSI.

"Kami ingin bekerja di PT BSI, dan dari Kuliah Umum tadi, kita juga bisa mengetahui tentang jenis pekerjaan yang sesuai dengan jurusan saya," katanya.

Kuliah Umum dengan tema 'Pelatihan Persiapan Memasuki Dunia Kerja Bagi Calon Lulusan' yang digelar di aula Poliwangi, Banyuwangi, ini ditutup dengan sesi tanya jawab. Mayoritas peserta sangat antusias dengan berbagai pekerjaan yang dilakukan ditambang emas Gunung Tumpang Pitu.
(bdh/bdh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed