DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 17:26 WIB

2 Jam Berkas NasDem Dinyatakan Lolos, PDIP dan Perindo Dikembalikan

Muhammad Aminudin - detikNews
2 Jam Berkas NasDem Dinyatakan Lolos, PDIP dan Perindo Dikembalikan Foto: Muhammad Aminudin
Malang - KPU Kabupaten Malang tak membutuhkan lama untuk memeriksa beras Partai NasDem. Kurang dari dua jam, berkas berkas salinan KTA dan e-KTP NasDem dinyatakan lolos.

Berbeda dengan PDI Perjuangan dan Perindo yang dikembalikan, karena tak sinkron dengan Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

DPD Partai NasDem Kabupaten Malang, menyerahkan salinan berkas keanggotaan. Bersama ratusan kader datang dengan membawa sepeda onthel ke Kantor KPU Kabupaten Malang di Jalan Panji, Kepanjen, Jumat (13/10/2017).

Kurang dari dua jam, 2383 berkas dari sebanyak 2.500 hard copy yang dibawa berupa salinan e-KTP dan Kartu Tanda Anggota (KTA), dinyatakan lolos oleh KPU, alias sinkron dengan SIPOL.

"Sampai saat ini sudah ada, tiga parpol menyerahkan berkas hard copy KTA dan e-KTP, yakni Perindo, PDIP dan NasDem. Untuk PDIP dan Perindo kami kembalikan karena tak sinkron, kalau NasDem sesuai dengan SIPOL data yang diserahkan," ujar Ketua KPU Kabupaten Malang Santoko kepada wartawan di kantornya Jalan Panji.

Ia membeberkan, sesuai dengan Pasal 17 ayat (3) PKPU Nomor 11 tahun 2017 tentang Pendaftaran Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2019. Jumlah foto copy KTP anggota partai harus sama dengan yang terdaftar dalam sistem administrasi parpol (SIPOL).

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Malang Choirul Anam menyatakan, datang membawa sepeda onthel serta penari khas malangan untuk menunjukkan Partai NasDem adalah partai memang dekat dengan rakyat.

"Ada 200 kader dan simpatisan kami, ikut dalam penyerahan berkas peserta Pemilu 2019. Sepeda onthel yang dibawa dan penari menunjukkan kami dekat dengan rakyat," ungkap Anam terpisah.

Diungkapkan, Partai NasDem menyerahkan seluruh keanggotaan yang dimiliki dan sudah diinput dalam SIPOL. Verifikasi sudah dilakukan oleh KPU dan dinyatakan lolos. "Berkas kita serahkan dinyatakan sesuai atau memenuhi oleh KPU," sebut Anam.

DPD Partai Golkar Kabupaten Malang turut menyerahkan berkas peserta Pemilu 2019 hari ini. Seperti dialami NasDem, KPU juga menyatakan semua berkas lolos seleksi administrasi awal dengan mengacu data SIPOL.


insert foto - Kader NasDem kayuh onthel saat penyerahan berkas ke KPU Kabupaten Malang
(bdh/bdh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed