DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 09:50 WIB

Bandara di Kediri, Gubernur Jatim: Sudah Oke

Rois Jajeli - detikNews
Bandara di Kediri, Gubernur Jatim: Sudah Oke Ilustrasi bandara Foto: (Thinkstock)
Surabaya - Kawasan selatan Jawa Timur akan memiliki bandar udara komersial. Ada dua pilihan daerah yang akan dibangun bandara yakni Tulungagung dan Kediri.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyebut bahwa bandara akan dibangun di Kediri.

"Sudah jangan ada pertanyaan lagi. Sudah oke (bandara di Kediri)," kata Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Jumat (13/10/2017).

Soekarwo menerangkan, di Kediri sudah tersedia lahan sekitar 300 hektare. Dan lahan yang sudah dibebaskan sekitar 275 hektar.

"Sudah oke," jelasnya.

Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo ini menegaskan, penelitian lokasi sedang dalam proses. Rencananya mulai 2018 sudah akan dikerjakan.

"Penelitian lokasi itu kewajibannya gubernur menentukan lokasi. Kemenhub nggak ada urusannya penentuan lokasi (penlok). Penlok urusannya gubernur," jelasnya.

Ada dua titik yang dikabarkan akan dijadikan Bandara yakni di wilayah Tulungagung serta di Kediri (lahan milik PT Gudang Garam). Beberapa waktu lalu, Agus Santoso, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menyampaikan bahwa, saat ini masih dalam proses penlok antara Kediri dan Tulungagung

"Di Kediri ini, kami belum mengeluarkan penlok," kata Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso, Senin (9/10/2017).
(roi/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed