DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 09:52 WIB

Ratusan Guru di Jember Dimutasi Disesuaikan Tempat Tinggal

Yakub Mulyono - detikNews
Ratusan Guru di Jember Dimutasi Disesuaikan Tempat Tinggal Foto: Yakub Mulyono
Jember - 316 Guru menerima surat keputusan (SK) mutasi dari Bupati Jember dr Faida. Ratusan guru itu dipindahtugaskan ke sekolah yang dekat dengan tempat tinggalnya.

"Mutasi ini menjadi bagian dari peningkatan kesejahteraan. Kalau jarak (sekolah tempat mengajar dengan tempat tinggal) jauh, waktu akan terbuang, berisiko lebih tinggi dalam perjalanan, serta tidak efektif dalam bekerja," kata Faida, Kamis (12/10/2017).

Dia menjelaskan, mutasi itu juga atas permohonan dari guru yang bersangkutan. Dari 316 guru pemohon mutasi, di antaranya 252 PNS guru SDN dan 64 PNS guru SMPN.

"Sesuai data yang ada, guru di Jember tercatat 6.976 PNS. Jika dibandingkan dengan total jumlah keseluruhan, maka permohonan mutasi 316 guru tersebut prosentase perbandingannya tidak sampai 5 persen," tambah Faida.

Dari 316 guru yang dimutasi, 258 orang sesuai permohonan, 30 orang sesuai dalam satu desa/kelurahan, 5 orang lain desa sesuai kecamatan dan 23 orang lain kecamatan terdekat.

"Kita penuhi, tapi ada juga yang lain kecamatan tapi tempatnya berdekatan. Karena kita bisa ACC berdasarkan formasi, bukan bedasarkan pertimbangan-pertimbangan yang lain," tegas Faida.

"Oleh karena itu, selama masih ada formasi yang dimungkinkan dan tempat pindahnya masih kosong, dan tempat yang ditinggalkan masih tetap bisa operasional untuk pendidikannya, maka seluruh permintaan mutasi dilayani," tambahnya.

Dia juga menegaskan, semua mutasi di era kepemimpinannya tidak ada pungli. Pertimbangan mutasi murni karena kinerja dan formasi. "Mutasi salah satu upaya pemerintah kabupaten Jember untuk melayani masyarakat dengan baik. Sejatinya di Jember sedang berperang melawan pungli," tegas Faida.

Oleh karena itu, pada proses mutasi terdapat formulir yang harus diisi untuk membuktikan dalam menerbitkan rekomendasi tidak dipungut biaya. Jika terbukti ada pungutan biaya Bupati akan membatalkan SK yang diberikan.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed