DetikNews
Rabu 11 Oktober 2017, 19:36 WIB

Menteri Susi Orang Ketiga yang Diberi Gelar Dr HC oleh ITS

Grasella Sofia Mingkid - detikNews
Menteri Susi Orang Ketiga yang Diberi Gelar Dr HC oleh ITS Foto: Dok. Humas KKP.
Surabaya - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, merupakan orang ketiga yang akan mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Pemberian gelar kehormatan Doktor Honoris Causa (HC) ini telah melalui tahap pengkajian yang ketat.

"Ini sudah melaui pengkajian sejak September 2016 lalu. Dimulai dari usulan program studi, lalu ada tim promotor yang kami siapkan untuk mengkaji," kata Rektor ITS, Prof. Ir. Joni Hermawan, Rabu (11/10/2017).

Setelah nama Menteri Kelautan itu disetujui, tim promotor dari ITS tersebut kemudian mengumpulkan berbagai karya Menteri Susi dan mengajukannya ke senat akademik.

"Setelah itu dikaji lagi oleh komisi profesor yang diwakili oleh guru-guru besar dari berbagai fakultas di ITS, dan terakhir dikaji secara pleno," tambah Joni.

Dengan keahlian yang dimiliki Susi, menurut Joni tidak diragukan lagi kompetensi dari sisi akademik. Hal tersebut terbukti dari Sertifikat Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia yang dimiliki susi. Dalam SKKNI tersebut, kompetensi yang dimiliki Susi telah setara dengan gelar Doktor secara akademik.

Bahkan yang menarik menurut Joni, Susi tidak serta merta menerima rencana pemberian penghargaan tersebut.

"Bu Susi tidak mau langsung menerima. Beliau bilang kalau mau kasih, saya harus diuji dulu," jelasnya.

Karena itulah, tim promotor dan penelaah ITS sempat menguji Menteri Susi di Jakarta. Susi diajukan banyak pertanyaan terkait manajemen dan konservasi sumber daya kelautan selama kurang lebih dua jam.

Sejak 57 tahun berdiri tambah Joni, ITS baru memberikan 2 gelar kehormatan Doktor Honoris Causa. Dua penerima gelar itu yakni Hermawan Kertajaya dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

"Hal ini karena kami benar-benar ketat dalam pemberian gelar kehormatan tersebut. Orang yang diberikan juga memang benar kompeten di bidangnya," ujar Joni.

Sementara itu, Sekretaris Institut ITS, Dr Agnes Tuti Rumiati mengatakan, Susi telah memberikan banyak sumbangsih dalam dunia kemaritiman Indonesia.

"Karya-karya beliau sudah banyak yang menggugah para akademisi untuk melakukan pengembangan lewat penelitian-penelitian misalnya, yang sejalan dengan manajemen beliau," pungkas Agnes.

Menteri Susi rencananya akan menerima gelar kehormatan tersebut pada puncak Dies Natalis ITS ke-57 pada 10 November mendatang di ITS.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed