DetikNews
Rabu 11 Oktober 2017, 16:24 WIB

Gudang Afalan Pabrik Sandal di Mojokerto Ludes Terbakar

Enggran Eko Budianto - detikNews
Gudang Afalan Pabrik Sandal di Mojokerto Ludes Terbakar Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Gudang bahan bekas (afalan) milik pabrik sandal dan sepatu PT Prestasi Ide Jaya, Mojokerto, terbakar. Proses pemadaman di gudang Desa Watesnegoro, Ngoro, berlangsung sekitar 2 jam. 8 Unit mobil pemadam kebakaran (PMK) diterjunkan.

Kanit Reskrim Polsek Ngoro AKP Iwan Setiawan mengatakan, salah seorang karyawan pabrik melihat api muncul di gudang afalan 13.30 Wib. Dalam waktu singkat, api menjalar ke seluruh bagian gudang seluas 10x30 meter persegi.

Maklum saja, selain angin berhembus kencang dan cuaca sedang terik, gudang tersebut berisi bahan karet dan spons afalan yang mudah terbakar.

"Api juga menjalar ke luar perusahaan melalui pagar pembatas pabrik membakar ilalang yang ada di lahan kosong di sebelah selatan pabrik," kata Iwan saat dihubungi detikcom, Rabu (11/10/2017).

Kebakaran ini, lanjut Iwan, sempat menimbulkan kepanikan karyawan. Api yang membara juga disertai kepulan asap hitam pekat mewarnai kebakaran ini. Para pekerja yang sebagian besar sedang beristirahat dievakuasi ke luar pabrik untuk mengindari korban jiwa.

Menurut Iwan, sedikitnya 8 unit mobil PMK diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api. Besarnya api membuat proses pemadaman berlangsung sekitar 2 jam, yakni sekitar pukul 14.30 Wib.

"Tidak ada koban jiwa maupun luka, kerugian material sekitar Rp 10 juta," terangnya.

Terkait penyebab kebakaran, tambah Iwan, masih dalam penyelidikan. Dugaan sementara api berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh karyawan pabrik. "Penyebab kebakaran masih kami selidiki," tandasnya.


(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed