detikNews
Selasa 10 Oktober 2017, 16:33 WIB

Bawa Kabur Mobil Pensiunan Polisi, Andreas Diamankan

Adhar Muttaqin - detikNews
Bawa Kabur Mobil Pensiunan Polisi, Andreas Diamankan Tersangka dan mobil hasil kejahatannya (Foto: Adhar Muttaqin)
Trenggalek - Polisi menangkap pelaku penipuan dan penggelapan mobil milik pensiunan anggota polisi. Tersangka ditangkap di lokasi persembunyiaanya di Tulungagung.

Wakapolres Trenggalek Kompol Andi Febrianto Ali mengatakan, tersangka adalah Andreas Mustika Putra, warga Desa Kalipucung, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Selain pelaku, polisi menyita barang bukti satu unit mobil Daihatsu Taruna nomor polisi AE 1062 SL milik korban Sudjiono, warga Desa Karangsoko, Trenggalek.

"Pelaku kami tangkap di Tulungagung bersama mobil yang digelapkan. Kebetulan korbannya adalah pensiunan anggota polisi yang dulu juga berdinas di Polres Trenggalek," katanya, Selasa (10/10/2017).

Menurutnya, kejadian penipuan dan penggelapan tersebut berawal saat korban kos di dekat rumah korban. Karena sudah saling kenal, tersangka meminjam mobil milik korban dengan alasan untuk kepentingan keluarga yang mendesak selama satu hari satu malam.

"Karena sudah saling kenal, korban akhirnya menyerahkan mobilnya untuk dipinjam. Namun setelah lewat satu hari, mobil tersebut justru tidak kunjung dikembalikan," ujarnya.

Mengetahui gelagat yang mencurigakan, korban berusaha melakukan pencarian dengan mendatangi langsung alamat pelaku sesuai dengan foto kopi KTP yang diserahkan. Namun upaya itu sia-sia, karena identitas yang diberikan kepada korban adalah palsu.

"Sehingga saat dicari itu ya tidak ketemu, karena orangnya beda dengan yang di KTP. Kemudian kejadian itu dilaporkan ke kami dan langsung ditindaklanjuti, hingga akhirnya berhasil ditangkap," imbuhnya.

Dikatakan, selama membawa kabur mobil, pelaku bersembunyi di Tulungagung. Yang menarik, pelaku tidak menggadaikan atau menjual mobil tersebut.

"Mobil itu dipakai sendiri selama empat bulan untuk kebutuhan sehari-hari," imbuhnya.

Akibat perbuatannya, kini pelaku ditahan di Polres Trenggalek dan dijerat dengan pasal 372/378 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com