Bulog dan Pemkab Banyuwangi Awasi Kualitas Beras Sejahtera

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 28 Sep 2017 16:59 WIB
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Mengantisipasi Beras Sejahtera (Rastra) dengan kualitas kurang layak, Bulog Sub Divre V dan Pemkab Banyuwangi melakukan pengawasan ketat. Pengawasan ini dilakukan, agar beras yang dibagikan ke masyarakat layak dikonsumsi dan baik bagi kesehatan warga.

Dalam meminimalisir Rastra kualitas buruk, Bulog Sub Divre Banyuwangi, juga mengeluarkan Surat Edaran kepada seluruh Kades dan Lurah se Kabupaten. Dalam surat No ED-64/13100/6/2017, tanggal 8 Juni 2017, Bulog meminta kades maupun lurah untuk bisa datang ke Bulog guna memilih sendiri beras Rastra sebelum dilakukan pembagian.

"Dengan begitu harapan kami, beras Rastra yang diterima masyarakat dalam kondisi bagus," ucap Kepala Bulog Sub Divre Banyuwangi, Raden Guna Dharma, kepada wartawan, Kamis (27/9/2017).

Pria yang biasa disapa Awang ini juga menegaskan, sesuai aturan ketika warga menerima beras Rastra kurang bagus, maksimal 2X24 jam, masih bisa ditukar atau minta diganti.

"Bahkan kalau di Banyuwangi, kita punya kebijakan penukaran bisa dilakukan hingga dua minggu. Jangan sampai masyarakat menerima beras yang jelek," tambahnya.

Saat ini, kata Awang, pihaknya bersama Pemkab Banyuwangi menciptakan sinergitas 3 pilar, bulog, perangkat desa dan masyarakat. Dan itu cukup ampuh untuk meminimalisir adanya masyarakat penerima Rastra yang mengeluhkan kualitas.

Caranya, saat Bulog mengirimkan Rastra, tidak serta merta diserahkan pada penerima. Namun, perangkat desa melakukan pengecekan terlebih dahulu. Ketika dipastikan beras dalam kondisi layak, langsung dilakukan pembagian. Jika raskin kurang bagus, perangkat desa segera berkoordinasi dengan petugas Bulog untuk minta pengganti.

"Kuncinya sinergitas, komitmen Bulog, kepedulian perangkat desa dan peran serta masyarakat. Jadi jika masyarakat menemukan ada rastra yang kurang bagus, laporkan ke perangkat desa, biar segera ada tindak lanjut," jelas M. Rachman, Kades Desa Sraten, Kecamatan Srono.

Pengakuan yang sama juga disampaikan Kades Cluring, Sunarto. Menurutnya, sejak terciptanya sinergitas, kini keluhan Rastra dengan kualitas jelek banyak berkurang. Apalagi Bulog Sub Divre Banyuwangi, memang telah berkomitmen penuh untuk terus berbenah guna meningkatkan pelayanan, khususnya dalam penyaluran raskin.

(fat/fat)