ITdBI 2017, Pengamanan Super Ketat di Jalur Pembalap Sepeda

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 26 Sep 2017 16:20 WIB
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Pengamanan jalur lalu lintas dalam ajang International Banyuwangi Tour de Ijen (ITdBI) 2017 diback-up penuh pihak kepolisian. Hampir separuh kekuatan dari seluruh anggota Polres Banyuwangi dikerahkan dalam mengamankan sepanjang jalur jalan yang dilintasi pembalap sepeda dari 29 negara itu.

"Dari Satlantas ada sebanyak 199 personel yang dikerahkan dalam ajang ini. Sisanya sekitar 300 personel dari satuan lain. Sementara satuan lain juga membantu pengamanan jalur lalu lintas yang dilewati pebalap sepeda," ujar AKP Ries Andrian Yudho Nugroho, Kasat Lantas Polres Banyuwangi kepada detikcom, Selasa (26/9/2017).

Satuan lain yang membantu, kata AKP Ries, adalah Satuan Sabhara dan seluruh Polsek jajaran di bawah naungan Polres Banyuwangi. Selain itu dari TNI, Satpol PP dan masih banyak lagi elemen pengamanan turut serta melakukan pengamanan jalannya ajang ini.

"Satlantas yang akan melakukan pengawalan lomba di setiap etape. Sementara pengamanan lainnya adalah pengamanan di wilayah masing-masing polsek ataupun jalur lain. Semua pos sudah tertera nama petugas," tambahnya.

Yang terpenting, kata Ries, adalah pengamanan rute etape yang melalui jalan nasional. Pada etape pertama, Rabu (27/9/2017), pembalap akan memulai start di RTH Bajulmati, Wongsorejo. Pihaknya mengimbau agar pengguna jalan baik yang akan menuju Ketapang ataupun Kota Banyuwangi, hendaknya melakukan perjalanan pada malam hari, usai digelarnya ITdBI etape pertama.

"Jelas akan kita tutup jalan menuju Banyuwangi dari arah Situbondo. Mulai pagi hingga sore hari. Kita sudah koordinasi dengan polres samping seperti Situbondo dan Jember untuk menghimbau pengendara yang akan ke Banyuwangi," tambahnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan pelarangan terhadap kendaraan bermuara material dan tebu. Untuk tidak melakukan aktivitas selama ITDBI berlangsung.

"Kita juga imbau kepada masyarakat untuk mendukung suksesnya kegiatan ini. Harapan kami tidak ada kecelakaan selama berlangsungnya ajang ini," pungkasnya. (fat/fat)