Kesiapan Jalan untuk ITDBI 2017 Rampung 100 Persen

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 25 Sep 2017 16:36 WIB
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Pelaksanaan International Tour De Banyuwangi Ijen (ITDBI) 2017 tinggal menghitung jam. Segala persiapan pelaksanaan olahraga berbalik wisata ini sudah rampung dilakukan Pemkab Banyuwangi.

Salah satunya jalan yang akan dilalui para pembalap sepeda dari 29 negara yang akan berlomba tanggal 27-30 September 2017 mendatang.

"Kita rampungkan hari ini. Kemarin sudah 95 persen. Sementara sisanya kita selesaikan hari ini," ujar Mujiono, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya Dan Penataan Ruang, kepada detikcom, Senin (25/9/2017).

Foto: Ardian Fanani

Penyelesaian pekerjaan yang dilakukan, kata Mujiono, dilakukan oleh beberapa grup. Termasuk Satgas Jalan Berlubang (SJB) dikerahkan untuk melakukan penambalan jalan yang berlubang dan pembersihan material jalan.

"Kita lakukan penambalan dan pembersihan jalan yang banyak kerikil dan berpasir. Meminimalisir adanya kecelakaan," tambahnya.

Tak hanya itu, keselamatan pembalap menjadi prioritas dalam persiapan tersebut. Dinas PU juga melakukan pemasangan rambu-rambu lalu lintas, merapikan pohon ayoman, pemasangan police line lokasi berbahaya dan Penataan taman kota.

Foto: Ardian Fanani

"Keindahan dan keselamatan kita prioritaskan. Karena kegiatan ini tidak hanya olahraga. Tapi juga keindahan dan daya tarik wisata yang kita unggulkan," tambahnya.

Kompetisi International Tour de Banyuwangi Ijen 2017 akan dihelat 27-30 September 2017, dimana pembalap akan menjalani empat etape dengan total lintasan sepanjang 533 kilometer.

Balap sepeda ini akan diikuti 20 tim dari 29 negara. Tim tersebut antara lain PCS Cycling Team (tim pro asal Belanda), Pishgaman Continental Team (PCT) (Iran), LX Cycling Team (Korea), 7 eleven RBP (Filipina), dan BRCC (Indonesia). (bdh/bdh)