DetikNews
Senin 25 September 2017, 11:09 WIB

BNN Mendadak Tes Urine ASN Pemkot Malang, Ada Apa?

Muhammad Aminudin - detikNews
BNN Mendadak Tes Urine ASN Pemkot Malang, Ada Apa? ASN Pemkot Malang menyerahkan sampel urine/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Tes urine untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Malang, mendadak digelar. Semua ASN mulai eselon II, III dan IV, termasuk Wali Kota Malang Moch Anton terpaksa ikut kegiatan dadakan melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN), usai apel pagi.

"Saya tidak tahu tadi, kok ada ramai-ramai, ternyata tes urine. Iya saya ikut saja, biar tahu kandungan obat yang pernah saya konsumsi, meski tidak pakai narkotika," jelas Wali Kota Anton kepada wartawan di Balai Kota Malang Jalan Tugu, Senin (25/9/2017).

Menurutnya, semua pasti ada kekhawatiran mengenai kandungan dari jenis obat yang dikonsumsi. Melalui tes urine ini akan diketahui secara detil hingga bisa menghilangkan rasa khawatir tersebut.

"Saya juga kuatir, mungkin yang lain juga. Tadi disampaikan oleh BNN akan bisa mengetahui kandungan dari obat yang dikonsumsi. Ini sangat baik, apalagi digelar mendadak," sebut Anton.

Sementara Kepala BNN Kota Malang AKBP Bambang Sugiarto mengaku, nantinya akan mengetahui jenis obat yang dikonsumsi serta kandungan, dari hasil tes urine.

"Jika konsumsi obat, seminggu belakang ada kandungan apa saja bisa diketahui. Meski positif tidak konsumsi narkoba," ujarnya terpisah.

Dia mencontohkan, dari beberapa sampel tes urine yang diberikan kepada petugas, jika dilihat dari warnanya sangat beragam. Nantinya, sampel urine akan diuji untuk mengetahui kandungan obat yang pernah dikonsumsi oleh pegawai.

"Tadi bisa dilihat warna-warni sampel tes urine yang disetorkan. Nanti akan diuji secara mendalam, apakah ada banyak pegawai yang sakit, bukan berarti sudah konsumsi narkoba, bisa obat lain," terangnya.

"Contoh selesai minum obat sakit gigi, pasti pengaruhnya cukup kuat. Akan terlihat dari parameter hasil uji urine," sambungnya.

Menurut dia, tes urine juga sebagai implementasi undang-undang pemberantasan narkotika. Semua komponen bangsa wajib terlibat dalam gerakan tersebut. Tes urine akan digelar selama tiga hari kedepan, untuk menguji bebas narkoba untuk 900 ASN di lingkungan Pemkot Malang.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed