DetikNews
Minggu 24 September 2017, 14:15 WIB

Risma Ajak Warga Praktek Menolong Korban Serangan Jantung

Grasella Sovia Mingkid - detikNews
Risma Ajak Warga Praktek Menolong Korban Serangan Jantung Foto: Gracella Sovia Mingkid
Surabaya - Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) cabang Surabaya menggelar pelatihan pertolongan dasar pada jantung, di Taman Bungkul. Pelatihan pertolongan bagi seseorang yang mengalami serangan jantung, menarik perhatian Wali Kota Tri Rismaharini.

Risma tampak antusias dan memperhatikan arahan dokter. Bahkan Risma minta melakukan praktek sendiri dan mengajak warga untuk turut serta.

"Saya kira ini hal yang sangat penting ya, ayo seluruh warga Surabaya yang ada di Bungkul, silakan melihat pelatihan ini. Kita bisa menolong orang yang kita cintai atau orang yang dekat dengan kita nantinya," ajak Risma kepada warga dengan menggunakan pengeras suara, Minggu (24/9/2017).

Setelah mendengar instruksi dari Dr Liliek Murtinigsih SpJP, instruktur nasional pelatihan dasar dan tingkat lanjut pertolongan pada jantung dan pembuluh darah, Risma tampak tak sabar ingin langsung mempraktikkan pada manekin yang telah disediakan.

Satpol PP dan Linmas turut praktek bantu serangan jantung/Satpol PP dan Linmas turut praktek bantu serangan jantung/ Foto: Gracella Sovia Mingkid


Risma juga tak berhenti mengajak warga untuk bergantian melakukan praktik. "Ayo, ayo, itu anak muda yang di sebelah sana, ayo praktik langsung, Satpol PP dan Linmas juga harus tahu ini, ayo harus praktik," ujarnya.

Ratusan orang yang ada di Taman Bungkul pun juga terlihat antusias mendengarkan dan mempraktikkan. Mereka datang dari berbagai kalangan. Mulai dari pegawai pemerintahan, rumah sakit, hingga masyarakat umum lainnya.

"Sangat tertolong dengan pelatihan ini. Membantu kita yang awalnya tidak tahu jadi tahu. Kebetulan saya juga sudah satu tahun sakit jantung, pernah kena serangan jantung di kantor. Bos saya juga punya penyakit jantung. Ya gak minta sih, tapi jaga-jaga saja kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi," ujar Kahar (51), pengunjung Taman Bungkul yang juga ikut praktik dalam acara ini.

Sementara Ketua PERKI Cabang Surabaya, DR dr Yudi Her Oktaviano SpJP, CK FIHA FICA FAsCC, FSCAI mengapresiasi dukungan Pemkot Surabaya. Menurutnya, di tahun pertama kerja sama ini Pemkot Surabaya langsung memberikan dukungan yang besar. "Bahkan Bu Risma seperti ingin mengambil alih program ini bersama PERKI. Dinas Kesehatan juga memberikan dukungan yang sangat luar biasa," ujarnya.

Acara lain yang juga digelar adalah lomba promosi kesehatan. Diikuti 15 rumah sakit dan 63 puskesmas di Surabaya, senam kesegaran jasmani dan zumba yang diadakan Yayasan Jantung Indonesia, sepeda sehat yang diikuti 200 peserta dan masyarakat umum, pemeriksaan dan konsultasi gratis oleh ahli jantung seluruh Jawa Timur, serta acara hiburan lainnya.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed