DetikNews
Minggu 24 September 2017, 12:11 WIB

Bersih-bersih Kenjeran, Belasan Ribu Warga Hasilkan 9 Truk Sampah

Grasella Sovia Mingkid - detikNews
Bersih-bersih Kenjeran, Belasan Ribu Warga Hasilkan 9 Truk Sampah Bersih-bersih Pantai Kenjeran/Foto: Budi Sugiharto
Surabaya - Belasan ribu warga melakukan bersih-bersih Pantai Kenjeran. Mereka terdiri dari pelajar SD, SMP, SMA, mahasiswa dan masyarakat umum ini memenuhi area sekitar Pantai Kenjeran.

Sejak pukul 06.00 wib, tercatat lebih dari 16.632 orang mengambil satu per satu sampah menggunakan tangan yang dibungkus sarung tangan. Mereka bahu-membahu memasukkan sampah ke karung-karung yang telah disediakan.

"Ini merupakan agenda rutin dari Surabaya Eco School sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Biasanya memang diadakan setiap tahun, di minggu terakhir September," ujar Mochamad Zamroni, Presiden Tunas Hijau sekaligus penanggungjawab kegiatan kepada detikcom, Minggu (24/9/2017).

Sampah-sampah yang berhasil dikumpulkan/Sampah-sampah yang berhasil dikumpulkan/ Foto: Budi Sugiharto


Aksi peduli lingkungan ini digelar Tunas Hijau, menggandeng Pemkot Surabaya, Komunitas Bicara Surabaya, Kwarda Jatim, Hotel Mercure Grand Mirama, PT Dharma Lautan Utama dan PDAM Surya Sembada.

Para peserta tampak bersemangat tak lupa memakai berbagai macam kostum. Antara lain kostum daur ulang, seragam sekolah hingga kostum super hero captain America dan tokoh pewayangan.

Dan 9 truk sampah berhasil mengumpulkan beragam jenis sampah di sekitar pantai. Mulai dari sampah plastik hingga organik.

"Ini sudah berkurang dari tahun-tahun sebelumnya. Di tahun 2011 ada 40 truk sampah yang terkumpul," jelas Zamroni.

Belasan ribu warga bersih-bersih Pantai Kenjeran/Belasan ribu warga bersih-bersih Pantai Kenjeran/ Foto: Budi Sugiharto


Dalam acara ini, peserta juga ditekankan tidak meninggalkan sampah bekas makan. "Mereka juga ditekankan untuk membawa bekal dalam wadah plastik dan botol minum yang bisa diisi ulang. Ini supaya mereka tidak malah menambah sampah kalau pakai nasi bungkus, gelas air mineral, dan lain-lain," tambah Zamroni.

Penghargaan Walikota Surabaya juga disiapkan untuk SD peserta terbanyak, SMP peserta terbanyak, SD paling zerowaste, SMP paling zerowaste dan SMA/SMK/UMU peserta terbanyak.

Selain itu, undian berhadiah seperti voucher menginap dan makan di Hotel Mercure Grand Mirama, voucher gym dan makan Hotel Java Paragon, serta voucher menginap Hotel Grand Darmo, Hotel Tab Surabaya dan Hotel Tab Capsule Surabaya, juga turut menyemarakkan kegiatan Bersih-Bersih Pantai Kenjeran ini.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed