DetikNews
Sabtu 23 September 2017, 14:13 WIB

Wali Kota Janjikan Relokasi dan Modal ke Korban Kebakaran Pasar

Enggran Eko Budianto - detikNews
Wali Kota Janjikan Relokasi dan Modal ke Korban Kebakaran Pasar Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Wali Kota Mojokerto Mas'ud Yunus berjanji akan segera merelokasi ratusan pedagang di Pasar Benteng Pancasila (Benpas) yang terbakar. Selain itu, akan mengucurkan bantuan modal untuk para korban agar bisa kembali berjualan.

Didampingi sejumlah stafnya, pagi tadi Mas'ud meninjau kondisi pasar Benpas yang terbakar. Di tempat ini, dia menyempatkan diri mendengarkan keluhan para pedagang korban kebakaran.

Mas'ud menjelaskan, saat ini ada dua masalah pokok yang dialami 230 pedagang korban kebakaran pasar Benpas. Persoalan pertama terkait tempat berjualan sementara yang harus segera disiapkan agar para korban kembali bisa mencari nafkah.

"Dinas Perdagangan dan Perindustrian saya minta untuk segera ketemu dengan tim anggaran untuk merelokasi sementara menggunakan dana tak terduga. Lokasi relokasi di lahan kami (Pemkot) di Jalan Raya Kedungsari, tak terlalu jauh dari sini," kata Mas'ud kepada wartawan di lokasi kebakaran, Sabtu (23/9/2017).

Sementara masalah ke dua terkait modal. Ratusan pedagang yang kiosnya terbakar saat ini kelimpungan untuk mencari modal untuk melanjutkan usaha dagang mereka.

"Kami minta BPRS (Bank Perkeriditan Rakyat Syariah) dan Baznas untuk membantu permodalan. Kalau bisa Baznas memberikan hibah modal, BPRS memberikan pinjaman tanpa bunga," terangnya.

Kebakaran hebat terjadi di Pasar Benpas Jumat (22/9) tengah malam, membuat 230 dari 236 kios di blok alun-alun pasar Benpas ludes. Barang dagangan berupa pakaian, sandal, sepatu, perabot rumah tangga, makanan-minuman, mainan anak-anak hingga kembang api menjadi abu.

Menurut saksi mata, api muncul dari kios yang dipakai warung nasi di sisi timur blok Alun-alun. Dalam waktu singkat api menjalar ke arah barat menghanguskan ratusan kios lainnya. Api baru padam pukul 03.24 Wib setelah 11 mobil PMK dan water canon diterjunkan.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed