Puluhan Kambing di Malang Mati Misterius, Siapa Pembunuhnya?

Muhammad Aminudin - detikNews
Sabtu, 23 Sep 2017 08:05 WIB
Foto: Muhammad Aminudin/File
Malang - Puluhan kambing di Malang, mati misterius dalam sepekan terakhir. Penyebab kematiannya masih diselidiki.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan tengah menguji luka bekas gigitan yang ditemukan pada jasad kambing. Apakah benar, kambing-kambing jenis domba tersebut mati karena serangan anjing liar atau penyebab lain.

"Kami menunggu hasil uji laboratorium di Yogyakarta. Nantinya bisa memastikan bekas gigitan itu berasal dari hewan atau faktor lain," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang Anton Pramudjiono kepada detikcom, Sabtu (23/9/2017).

Mengapa kambing jenis domba banyak diserang? Anton mengutarakan, domba lebih memiliki sifat pasif atau pendiam. Sehingga mudah untuk ditaklukkan, hingga mengakibatkan nyawanya melayang.

"Domba lebih pendiam daripada kambing lain. Kemungkinan itu, domba warga telah banyak diserang dan ditemukan mati dengan luka gigitan," bebernya.

Serangan brutal pada domba atau kambing warga, bisa dilihat dari bekas luka hewan ternak yang mati. Mayoritas mengalami luka pada leher, paha, serta perut.

Namun, para pemilik tak berhasil mempergoki siapa yang menyerang kambing mereka. Pada serangan di kandang Bunawi (50), tinggal di kawasan Perum Green Orchid Jalan Terusan Sudimoro, Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, pekan lalu.

Dirinya bersama putranya sempat mempergoki dua ekor anjing berada tak jauh dari kandang mereka. Anjing itu keburu kabur, sebelum Bunawi dan putranya dapat melumpuhkannya. Keberadaan anjing liar, juga sempat terekam CCTV, tetangga Sunari (57), tinggal di Jalan Akordion Utara, Kelurahan Tunggulwulung, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Tiga ekor kambing juga jenis domba milik Sunari, ditemukan mati di atas kandang dengan sejumlah luka. Dua ekor selamat, meski menderita beberapa luka di tubuhnya, Jumat (15/9/2017). CCTV merekam dua ekor anjing berjalan menuju rumah Sunari. Peristiwa terjadi pada dini hari.

Berbeda dengan masyarakat Dusun Ketangi, Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, wilayah yang pertama kali mengalami serangan misterius. Puluhan kambing mati dengan luka di bagian leher dan perut milik tiga warga, hanya berselang satu malam. Warga beramai-ramai melakukan ronda malam untuk menghadang serangan pada ternak mereka.

Bahkan, paranormal didatangkan untuk menjebak atau menangkap hewan jadi-jadian menyerang ternak mereka. Belasan sniper berbekal senapan angin turut dilibatkan. Sayang, operasi senyap diharapkan, ternyata tak mampu mengungkap hewan misterius yang dipercaya.

Lantas siapa pembunuh domba-domba warga itu, hingga kini tetap misterius. (fat/fat)