Era e-Commerce, Pakuwon Gorup Pede Buka Tunjungan Plaza 6 Surabaya

Rois Jajeli - detikNews
Sabtu, 23 Sep 2017 07:27 WIB
Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Dalam beberapa tahun terakhir ini, e-commerce mewarnai transaksi jual beli online. Meski begitu, PT Pakuwon Group, tetap pede membuka mall Tunjungan Plaza (TP) 6 di jantung kota Surabaya.

"Saya barusan bertemu dengan dua retail yang sudah ada di Indonesia. Mereka mengatakan, untuk 5 tahun ke depan, mereka tidak khawatir dengan e-commerce di Indonesia. Kenapa, karena infrastrukturnya belum matang dan konektifitinya juga belum lancar. Jadi, orang nggak nyaman sehingga nggak berani transaksi," ujar Direktur Marketing PT Pakuwon Group kepada wartawan di Tunjungan Plaza 6, Sabtu (22/9/2017).

Dirinya juga berbincang-bincang dengan salah satu petinggi SOGO. Menurutnya, memang e-commerce menjadi ancaman, namun harus tetap diantisipasi.

"Sama, bahwa dalam kurun 5 tahun ke depan bukan ancaman serius," jelasnya.

Ia mencontohkan, Pakuwon Mall di kawasan Surabaya barat masih ramai dikunjungi pengunjung. Bahkan, pada Kamis lalu, jumlah pengunjung sekitar 20 ribu orang. Sedangkan di komplek TP, jumlah pengunjungnya juga meningkat 15 persen.

"Itu artinya orang nggak nyaman belanja online," jelasnya.

TP berdiri di Kota Surabaya sejak 1986 lalu. Mall di bawah bendera PT Pakuwon Group ini terus mengembangkan bisnis propertinya di jantung kota Surabaya. Setelah hadri TP 1 hingga 5, mulai besok, Sabtu (23/9/2017) akan beroperasi Tunjungan Plaza 6.

TP 6 ini berdiri di superblok Tunjungan City di tengah kota Surabaya, sehingga melengkapi semua kompek yang berdiri sejak 31 tahun lalu, muali dari TP 1 hingga 5.

"TP 6 berbeda dan layak ditunggu oleh masyarakat Surabaya, karena di TP 6 ini, mengusung konsep sedikit berbeda dengan TP 5 dan Tp 4," ujarnya.

Katanya, TP 6 ini ini mengusung konsep lifestyle baru, yang menyasar anak muda, karena banyak tempat hangout seru dengan suasana baru.

"TP 6 lebih mengutamakan lifestyle. TP 6 tidak terlalu banyak membawa fashion tenant. Tetapi 50 persen (tenant) food and beverage, karena tiga lantai di samping kiri atau menghadap Hotel Sheraton itu 80 persen F and B," katanya.

TP 6 yang terdiri 5 lantai ini, dipenuhi tenant yang baru di Surabaya seperti Hacienda, Play by Domicile, Dope & Dapper, Adidas Original dan banyak macam tenant baru yang ikut meramaikan suasana TP 6. Juga hadir kids zone,arena bermain anak-anak yang pertama kali di Surabaya.

"Di pintu masuk TP 6, akan ada Play by Domicile dan Hacienda. jadi dua restoran lifestyle ini untuk komunitas anak muda dan profesional pada kumpul disana. Jam buka pada hari biasa ditutup sampai jam 11-12 malam. Tapi apada saat weekend, bukanya sampai jam 2 pagi," tuturnya.

"Ada juga adidas original, yang anak muda biasanya beli online. Sekarang bisa beli di tokonya," tambahnya.

Bicara kelas pengunjung di TP 6, katanya, adalah untuk kelas menengah ke atas. "Dan kita memberikan pelayanan ekstra lebih untuk pengunjung TP 6," tandasnya. (roi/fat)