DetikNews
Jumat 22 September 2017, 16:45 WIB

Kehilangan Warisan dan Digugat, Sumiati Tinggal di Rumah Singgah

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Kehilangan Warisan dan Digugat, Sumiati Tinggal di Rumah Singgah Rumah singgah yang ditempati Sumiati (Foto: Andhika Dwi Saputra)
Kediri - Setelah kehilangan rumah dan digugat anaknya, Sumiati kini harus tinggal di rumah singgah yang seharusnya diperuntukkan untuk anak jalanan. Namun Sumiati tak betah dan ingin balik ke rumah yang sudah bukan miliknya lagi.

"Saya inginnya pulang ke rumah saya yang asli di Banyakan, di sini saya gak betah, bukan rumah sendiri," ucap Sumiati saat ditemui detikcom di rumah singgah di Kelurahan Pojok, Kediri, Jumat, (21/9/2017).

Perempuan 70 tahun itu menempati rumah singgah bersama anak bungsunya, Enik Murtini serta Mohammad Faisol, suami Enik. Tinggal juga di situ dua anak Enik alias cucu Sumiati.
Sumiati di rumah singgahnyaSumiati di rumah singgahnya (Foto: Andhika Dwi Saputra)
Sebenarnya rumah singgah ini terbilang cukup mewah dan besar dibanding rumah asli milik Sumiati di Desa Ngeblak, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Namun bagi janda 5 anak ini, ia tak kerasan dan tetap ingin pulang ke rumah peninggalan suaminya yang sudah almarhum.

"Saya sedih, rumah itu hasil kerja keras suami saya yang sudah almarhum. Tapi saya sayang anak-anak saya, saya bingung," ucap Sumiati.

Rumah dan tanah seluas 1.300 meter persegi milik Sumiati itu dieksekusi 17 April 2017 lalu. Sejak itulah Sumiati harus pergi meninggalkan rumahnya.

Tak hanya kehilangan rumah, Sumiati juga digugat dua anak kandungnya sendiri yakni Emmy Asih dan Lalan Suwanto. Mereka merasa tak diberitahu perihal rumah yang sertifikatnya dijaminkan untuk modal usaha bagi Enik.

Baca juga: Ini Alasan Anak Gugat Ibu Kandung Gara-gara Warisan
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed