DetikNews
Jumat 22 September 2017, 15:08 WIB

Buang Uang Curian di Jalan Raya, Warga Jember Diamankan Polisi

Yakub Mulyono - detikNews
Buang Uang Curian di Jalan Raya, Warga Jember Diamankan Polisi Jalan Hayam Wuruk, Jember/Foto: Yakub Mulyono
Jember - Perbuatan pemuda bernama Ahmad Abdullah Alamudy ini sempat membuat warga dan pengguna jalan yang melintas di Jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Kaliwates, Jember, heboh. Pria 26 tahun itu menebar uang hasil curiannya di sepanjang jalan yang dia lalui.

Selain membuat heboh, tak sedikit warga yang berebut mengambil uang tersebut. Aksi Ahmad akhirnya terhenti setelah petugas kepolisian berhasil menangkapnya. Sebelum melakukan aksi tebar uang di jalan raya, pemuda warga Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, mencuri di Perumahan Griya Mangli. Rumah yang dibobol merupakan rumah pamannya.

"Peristiwanya siang hari. Korbannya adalah paman tersangka sendiri," kata Kapolsek Kaliwates Kompol Harwiyono saat dihubungi, Jumat (22/9/2017).

Setelah berhasil masuk rumah, pelaku masuk kamar dan membuka paksa sebuah lemari. Kemudian, tersangka menggasak uang Rp 30 juta yang dibungkus kantong plastik.

"Usai mengambil uang itu, dia kemudian menghambur-hamburkan uang di sepanjang Jalan Hayam Wuruk. Beberapa orang berebut mengambil uang itu. Untungnya, saat itu ada anggota kita yang melihat dan langsung mengamankannya," jelas Harwiyono.

Dia mengaku belum mengetahui secara pasti motif pelaku membuang uang itu di jalanan. Namun menurut Harwiyono, kondisi kejiwaan pelaku saat itu sedang tidak stabil.

"Saya tidak bisa memastikan, apakah saat itu dalam pengaruh miras, obat, atau lainnya," tambah Harwiyono.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa uang Rp 24,8 juta, pisau dapur dan sebuah kantong plastik. Kendati korban pencurian merupakan paman tersangka, namun pihak keluarga sepakat untuk memproses kasus itu melalui jalur hukum.

"Keluarga sudah menandatangani surat pernyataan agar kasus ini diproses secara hukum. Tersangka langsung kita tahan," tandas Harwiyono.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed