Bayi Kembar 5 Ini Imunisasi MR di RSU Soetomo

Bayi Kembar 5 Ini Imunisasi MR di RSU Soetomo

Michelle Alda - detikNews
Rabu, 20 Sep 2017 16:49 WIB
Bayi kembar 5 imunisasi MR/Foto: Michelle Alda
Surabaya - Suasana ruang sidang 3 SMF Ilmu Kesehatan Anak RSU dr Soetomo mendadak ramai. Suara ocehan dan tangisan anak-anak memenuhi ruangan tersebut. Biasanya ruang sidang tersebut digunakan pertemuan para spesialis anak. Namun hari ini, ruangan tersebut digunakan untuk mengimunisasi anak-anak di lingkungan sekitar RSUD Dr Soetomo.

Sesuai dengan program pemerintah kemenkes yang digelar Agustus-September 2017, RSU dr Soetomo juga turut memberikan imunisasi Measles-Rubela (MR) gratis kepada anak usia 9 bulan-15 tahun.

"Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan program pemerintah (Kementerian Kesehatan) yang digelar pada bulan Agustus-September 2017," ujar Dr Agus Harianto, SpA(K), kepada detikcom saat dihubungi, Rabu (20/9/2017).

16 Anak mendapat imunisasi. Di antara belasan anak itu ada bayi kembar 5, bayi kembar 4, dan anak-anak karyawan Bank Jatim dan anak-anak sehat lainnya.

Salah satu bayi kembar 5 diimunisasi/Salah satu bayi kembar 5 diimunisasi/ Foto: Michelle Alda


"Tadi yang imunisasi ada 16 anak, banyak perempuannya. Laki-laki ada 5 anak, sisanya perempuan," ujar Agus.

Dari pantauan detikcom, suasana rumah sakit itu makin heboh dengan tangisan 4 dari anak kembar 5 berusia 2 tahun 3 bulan. Mereka yakni Rizky Ramadhan Pratama, Annisa Naladeva Ramadhani, Anindita Naladeva Ramadhani, dan Naisha Naladeva Ramadhani. Hanya satu anak saja yang tidak menangis, yaitu Anindya Naladeva Ramadhani alias Nadia.

"Empat anak nangis semua, yang nggak nangis cuma Nadia," ujar ibu dari anak kembar lima Nia Rahmawati saat dihubungi detikcom.

Dengan bantuan 2 Asisten Rumah Tangga (ART), Nia mengaku tidak keteteran saat memberikan imunisasi pada kelima anaknya.

"Alhamdulilah nggak keteteran ya, sekarang anaknya sudah besar-besar. Kalau dulu anak-anak masih kecil keteteran hahaha. Tadi waktu imunisasi anak-anak senang kok," ujarnya sambil tertawa ringan.

Efek dari imunisasi itu masih belum terlihat. Saat ini kondisi kelima anak itu masih baik-baik saja.

"Masih belum kelihatan (efek) ya. Saat ini anak-anak masih baik-baik saja, nggak panas kok badannya. Ini mereka lagi main bareng di halaman," pungkasnya. (fat/fat)