DetikNews
Selasa 19 September 2017, 09:45 WIB

Material SIM Habis, Satlantas Probolinggo Terbitkan Surat Keterangan

M Rofiq - detikNews
Material SIM Habis, Satlantas Probolinggo Terbitkan Surat Keterangan Foto: M Rofiq
Probolinggo - Masyarakat di Kabupaten Probolinggo yang mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) harus lebih bersabar. Sebab, material SIM Satlantas Polres Probolinggo habis. Petugas sementara memberikan surat keterangan pengganti (SKP) untuk digunakan pengendara.

Kasatlantas Polres Probolinggo AKP Tri Nuartiko, membenarkan material SIM habis. Habisnya material SIM ini terjadi sejak sepekan. Pihaknya tidak berani berspekulasi material SIM habis karena proses pengiriman material dari korlantas terlambat atau masih proses di satlantas pusat.

"Untuk Polres Probolinggo, kehabisan material SIM sejak lima hari lalu. Ini tidak hanya terjadi di Probolinggo saja, mungkin di daerah lain juga demikian. Informasi dari korlantas, material SIM saat ini masih dalam proses pendistribusian," jelas Nuartiko kepada wartawan di kantornya, Selasa (19/9/2017).

Namun pihaknya belum mengetahui sampai kapan stok bahan dasar SIM tersebut kembali tersedia. Pihaknya pun mengimbau agar masyarakat menggunakan SKP, karena itu sudah mewakili SIM.

"SKP itu sudah berfugsi sebagai pengganti SIM. Nanti bisa diberitahukan ke petugas Satlantas Polres Probolinggo, jika ada operasi penertiban kendaraan di jalan raya," pungkas Nuartiko.

Ia menambahkan, polisi akan pro aktif memberikan informasi kepada seluruh pemohon yang memegang SKP jika nanti material SIM yang asli sudha tersedia. Pihaknya juga akan mengumumkan melalui media sosial.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed