DetikNews
Selasa 19 September 2017, 08:26 WIB

Bosan Menu Sarapan yang Itu-itu Saja, Cobain Olahan Bekicot Yuk!

Andhika Dwi - detikNews
Bosan Menu Sarapan yang Itu-itu Saja, Cobain Olahan Bekicot Yuk! Sate dan krengsengan bekicot/Foto: Andhika Dwi
Kediri - Bosan dengan menu sarapan di meja makan Anda? Tak ada salahnya mencicipi sate bekicot Kediri. Selain gurih, kuliner yang satu ini punya beberapa khasiat.

Sate bekicot mudah dijumpai di Desa Jengkol, Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Tak hanya sate, para pedagang juga menyediakan krengsengan bekicot.

Daging bekicot tinggi protein dipercaya masyarakat dapat menambah stamina. Tekstur dagingnya yang kenyal dan empuk saat digigit, dijamin akan menggugah selera sarapan Anda.

Apalagi jika dipadukan dengan bumbu kacang. Cita rasa yang gurih bakal bikin ketagihan setiap kali mencicipi masakan sate bekicot tersebut.
Daging bekicot diolah jadi sate/Daging bekicot diolah jadi sate/ Foto: Andhika Dwi

Sate dan krengsengan bekicot dipercaya mempunyai khasiat untuk menyembuhkan berbagi penyakit, seperti sesak nafas, paru-paru ataupun liver. Oleh sebab itu, kuliner tak lazim ini banyak diburu wisatawan dari luar Kediri.

Budi Sutrisno salah satunya. Pria asli Nganjuk ini hampir sebulan sekali menikmati sate dan krengsengan bekicot. Dia mengaku fisik dan staminanya segar kembali setiap kali usai mengkonsumsi olahan daging bekicot.

"Nggak ngerti ya setiap kali saya habis makan bekicot stamina saya enak dan segar dan sehat. Sebulan sekali atau dua kali wajib saya ke Kediri," kata Budi kepada detikcom di salah satu warung sate dan krengsengan bekicot, Selasa (19/9/2017).

Sementara salah satu penjual sate dan krengsengan bekicot di Desa Jengkol, Wagiono mengaku sudah berjualan sate dan krengsengan bekicot sejak tahun 1994. Setiap harinya dia mampu menjual hingga 20 Kg daging bekicot.
Bekicot diolah jadi krengsengan/Bekicot diolah jadi krengsengan/ Foto: Andhika Dwi

Selain nikmat, kuliner siput ini juga ramah di kantong. Sate bekicot porsi kecil Rp 10 ribu, sedangkan porsi besar Rp 20 ribu. Krengsengan bekicot hanya Rp 10 ribu/porsi.

"Ramainya pembeli di hari Sabtu dan Minggu, selalu hampir kehabisan stok daging," ungkapnya.

Jadi, jangan lupa jika sedang ke Kediri untuk mampir sarapan sate bekicot di Desa Jengkol ya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed