DetikNews
Senin 18 September 2017, 14:30 WIB

4 Kecamatan di Kabupaten Kediri Rawan Kekeringan

Andhika Dwi - detikNews
4 Kecamatan di Kabupaten Kediri Rawan Kekeringan Ilustrasi/Foto: Sugeng Harianto
Kediri - Bencana kekeringan juga mengancam Kabupaten Kediri. Sedikitnya, 8 desa yang ada di 4 kecamatan sudah masuk dalam peta Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD.

Plt Kepala BPDD Kabupaten Kediri Randy Aghata mengatakan, delapan desa yang masuk daerah berpotensi kekeringan dan bencana kebakaran ini umumnya terletak di kawasan pegunungan. 8 Desa itu berada di wilayah Kecamatan Mojo, Grogol, Puncu dan Ngancar.

"Hingga kini belum ada wilayah di Kabupaten Kediri yang mengalami kekeringan. Hanya saja ada empat wilayah kecamatan yang berpotensi. Memasuki musim kemarau ini sudah terjadi penurunan debet air," Jelas Randy saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Senin (18/9/2017).

Terkait penurunan debit air, Randy belum dapat mengukur tingkatnya karena keterbatasan alat yang dimiliki. Meski begitu, BPBD mengaku siap untuk melakukan langkah dropping air jika kemarau berlanjut hingga akhir tahun nanti.

"Kabupaten Kediri termasuk daerah yang sudah siap menghadapi musim kemarau. pemerintah siap suplai air untuk masyarakat di sepanjang musim melalui program pipanisasi dan pembuatan sumur. Akan tetapi, jika memang ada daerah yang nantinya membutuhkan air, akan tetap kita dropping," jelas Randy.

Program pipanisasi telah dilakukan pemkab di daerah daerah rawan kekeringan, terutama di empat wilayah kecamatan berpotensi tinggi tersebut.

Pemerintah menyalurkan air bersih di penampungan-penampungan untuk dialirkan ke tiap tiap rumah. Begitu juga dengan pembuatan sumur komunal yang dapat mensuplay beberapa kepala keluarga (KK) di sekitarnya.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed