DetikNews
Kamis 14 September 2017, 18:13 WIB

Arkeolog Nilai Masih Banyak Benda Purbakala Terkubur di Bondowoso

Chuk S Widarsha - detikNews
Arkeolog Nilai Masih Banyak Benda Purbakala Terkubur di Bondowoso Foto: Chuk S Widarsha
Bondowoso - Ditemukannya batu yang disebut sebagai peninggalan prasejarah di Desa Sumbercanting, Kecamatan Wringin, diapresiasi ahli arkeologi. Penemuan tersebut dinilai sebagai pintu masuk untuk menemukan benda-benda lainnya.

"Ini sangat menggembirakan. Sebab, wilayah Bondowoso merupakan kawasan yang bersejarah," kata Hery Kusbandrio, salah seorang arkeolog setempat, Kamis (14/9/2017).

Menurutnya, dari beberapa literatur yang ada, daerah Bondowoso merupakan kawasan peninggalan zaman prasejarah. Itu dibuktikan dengan adanya beberapa wilayah yang merupakan kawasan cagar budaya.

"Bukan tidak mungkin, di sekitar daerah yang ditemukan batu itu masih banyak yang lainnya," kata Hery, yang juga Kabid Kesejarahan dan Kepurbakalaan Disdikbud Bondowoso.

Wilayah lain yang ada di Bondowoso yang banyak ditemukan benda purbakala, antara lain Cermee, Maesan, Grujugan, dan Wringin. Di wilayah itu memang banyak terdapat batu megalitikum, dolmen, menhir, dan lain-lain.

Hery menambahkan, beberapa benda-benda purbakala yang ditemukan memang sudah banyak yang sudah tak lagi utuh. Itu karena termakan usia, karena peninggalan ribuan tahun lalu.

Oleh sebab itu, imbuhnya, pihaknya mengimbau masyarakat sekitar temuan untuk ikut serta dalam upaya pelestariannya.

"Jika menemukan benda-benda yang dinilai aneh bentuknya, misalnya, laporkan saja pada kami. Siapa tahu, itu juga benda purbakala," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah warga Dusun Curahcottok, Desa Sumber Canting, Wingin, yang tengah berburu tiba-tiba menemukan batu berbentuk aneh. Batu tersebut diduga peninggalan prasejarah.
(bdh/bdh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed