DetikNews
Kamis 14 September 2017, 10:03 WIB

Empat Pencari Pasir Ilegal Tewas Tertimbun Longsor

Enggran Eko Budianto - detikNews
Empat Pencari Pasir Ilegal Tewas Tertimbun Longsor Longsor tambang pasir di Mojokerto/Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Tanah longsor terjadi di tambang pasir tradisional Dusun Glogok, Desa Sumbertanggul, Mojosari, Mojokerto, Kamis (14/9/2017). Akibat insiden ini, 4 pekerja tewas tertimbun material longsor.

Kapolsek Mojosari Kompol Herry Sucahyo mengatakan, tanah longsor terjadi sekitar pukul 06.00 Wib di tambang pasir tradisional milik Masduki, warga Dusun Glogok. Di lokasi terdapat enam orang yang sedang bekerja.

Mereka adalah Rajino (49), warga Dusun Jurangsari, Desa Belahan Tengah, Mojosari, Iswanto (35), Wijanarko (35), Kodir (60) dan Budiono, warga Dusun Glogok, Desa Sumbertanggul, serta Agus Supriyadi, sopir truk Mitsubishi nopol W 8855 XD.
Longsor tambang pasir di Mojokerto/Longsor tambang pasir di Mojokerto/ Foto: Enggran Eko Budianto

"Saat kelima pekerja sedang menaikkan pasir ke atas truk, tebing setinggi 8 meter di atas mereka tiba-tiba longsor," kata Herry kepada detikcom di lokasi.

Bongkahan tanah dan pasir menimpa empat pekerja. Para korban tewas di lokasi kejadian. Mereka adalah Rajino, Iswanto, Wijanarko dan Kodir. Budiono berhasil kabur sehingga selamat. Begitu juga sopir truk saat itu sedang buang hajat sekitar 20 meter dari lokasi.

"Empat korban meninggal tertimpa material longsor, satu korban selamat saat ini masih shock," ujarnya.

Pasca tanah longsor, proses pencarian dilakukan. Sebuah alat berat diterjunkan di lokasi untuk menggali tumpukan material yang menimbun keempat korban.

Hingga pukul 09.43 Wib, tiga korban telah ditemukan. Proses pencarian terus dilakukan terhadap Kodir. Garis polisi dipasang dengan radius sekitar 10 meter dari titik longsor.

"Ketiga korban kami bawa ke RSUD Prof Dr Soekandar Mojosari untuk autopsi," tandasnya.




(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed