DetikNews
Senin 11 September 2017, 10:37 WIB

Risma Pulangkan 83 PMKS dari Berbagai Daerah

Zaenal Effendi - detikNews
Risma Pulangkan 83 PMKS dari Berbagai Daerah Foto: Zaenal Effendi
Surabaya -
Risma pulangkan puluhan PMKS/Risma pulangkan puluhan PMKS/ Foto: Zaenal Effendi
Di sela persiapan menyambut kedatangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Wali Kota Tro Rismaharini memulangkan 83 Penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang selama ini dirawat di Liponsos Keputih, ke daerah asal.

Pemulangan puluhan PMKS ini dilakukan di halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya. PMKS yang dipulangkan terdiri 56 orang, di antaranya mantan penderita psikotik, sedangkan 27 orang lainnya gelandangan dan pengemis.

Wali Kota Risma mengatakan para eks psikotik ini dipulangkan setelah dinyatakan sembuh. Menurutnya, daerah asal PMKS ini tidak hanya dari sekitar Surabaya dan Pulau Jawa, beberapa di antaranya ada yang dari Kalimantan.
Risma pulangkan puluhan PMKS/Risma pulangkan puluhan PMKS/ Foto: Zaenal Effendi

"Ada yang dari Kalimantan, Jawa Barat, ada dari DKI. Antisipasi agar tidak kembali, ada daerah di Jawa Barat yang kami surati langsung respon dan sanggup merawat," kata Risma usai melepas PMKS, Senin (11/9/2017).

Pemulangan PMKS, khususnya psikotik ini setelah ada rekomendasi dan dinyatakan sembuh dari asosiasi dokter kejiwaan yang bekerjasama dengan Pemkot Surabaya. "Mereka juga kita kasih obat selama sebulan, sehingga bisa terus konsumsi meski sudah kembali ke keluarga," tambah Risma.

Alasan lain pemulangan para PMKS, kata Risma, dikarenakam kondisi Liponsos sudah overload sehingga tidak bisa terus merawat. "Tidak mungkin kami merawat 1.500 lebih orang dengan ruangan hanya sebesar itu. Makanya beberapa minggu terakhir saya intens bahas pengelolaan Lipinsos Keputih, makanya ketika dinyatakan sembuh dan bisa mandiri kita pulangkan," ungkap mantan Kepala Bappeko dan DKP Kota Surabaya ini.

Risma menegaskan pihaknya secara bertahap memulangkan PMKS yang dirawat di Liponsos tapi setelah dinyatakan sembuh. "Nanti akan kita pulangkan setelah dinyatakan sembuh, artinya kami tidak akan telantarkan. Bahkan kemarin ada yang nangis karena ingat yang buang pamannya, kalau tidak salah dari Bangka Belitung," tambah Risma.

Selain memulangkan 83 PMKS, Risma juga memberikan bantuan kepada korban kebakaran Jalan Tales berupa uang tunai dari uang patungan dari para pegawai dan pejabat. "Kami mohon maaf sebelumnya pada bapak ibu, jangan dilihat dari nilainya, tapi manfaatnya karena ini bantuan uang dari hasil urunan para pegawai dan pejabat di Pemkot. Kenapa bukan APBD, karena status tanah bukan hak milik para korban. Sekali lagi mohon maaf," pungkas Risma.
(ze/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed