DetikNews
Kamis 07 September 2017, 15:07 WIB

Ini Kerjasama Lain yang Ditawarkan Liverpool untuk Surabaya

Zaenal Effendi - detikNews
Ini Kerjasama Lain yang Ditawarkan Liverpool untuk Surabaya Wali Kota Risma saat temui Dubes Inggris Moazzam Malik (Foto: Zaenal Effendi)
Surabaya - Selain bidang sepakbola, Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik juga membahas tindak lanjut kerjasama Surabaya dengan Liverpool.

"Melanjutkan diskusi kerjasama dengan Liverpol. Kami persiapkan MoU untuk menyetujui fokus area, kerjasama seperti edukasi, urban farming, dan sepakbola," kata Moazzam, Kamis (7/9/2017).

Selain itu kata dia, Kota Liverpool juga menawarkan kerjasama bidang transportasi dan perencanaan tata kota. Ia berharap kerjasama Liverpool dengan Surabaya bisa segera diwujudkan dalam penantanganan nota kesepakatan bersama atau MoU.

"Pemerintah kami sangat berkomitmen mempererat dengan Surabaya yang maju yang punya peran untuk masa depan," tambah pria yang sudah fasih berbahasa Indonesia ini.

Pihaknya juga menawarkan pelatihan bahasa Inggris bagi guru dan siswa di Surabaya agar lebih fasih. "Bulan depan staff akan berkunjung ke Surabaya dan berdiskusi dengan Dinas Pendidikan untuk tingkatkan kapabilitas serta cara anak Surabaya dengan bahasa Inggris," ujar Moazzam.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan memanfaatkan kunjungan Wali Kota Liverpool pada November 2017 untuk menindaklanjuti rencana kerjasama sister city.

"Walikota Liverpool akan berkunjung ke Asia pada November kalau memungkinkan beliau akan saya undang," kata Risma.

Risma juga mengaku Kota Surabaya mendapat undangan dari Pemkot Liverpool untuk mengikuti Festival Internasional Bisnis di Liverpool. Menurutnya, banyak produk yang bisa dikirim untuk diikutkan dalam festival tersebut.

"Beliau undang Surabaya untuk ikut disana. Banyak produk yang kita kirim kesana cuma sekarang masih kita rapatkan dulu," tambah Risma.
(iwd/iwd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed