DetikNews
Rabu 06 September 2017, 11:19 WIB

Job Fair Banyuwangi Tawarkan Lebih Dua Ribu Pekerjaan

Putri Akmal - detikNews
Job Fair Banyuwangi Tawarkan Lebih Dua Ribu Pekerjaan Foto: Putri Akmal
Banyuwangi - Sekitar 2.000 lebih lowongan kerja ditawarkan di Bursa Kerja atau Job Market Fair (JMF) Banyuwangi. JMF yang digelar 6-8 September ini rutin digelar untuk membantu calon tenaga kerja mendapatkan pekerjaan yang sesuai kompetensinya.

Pantauan detikcom, JMF yang digelar di GOR Tawangalun itu dibuka mulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. Bukan hanya diikuti perusahaan asal Banyuwangi saja, JMF juga diikuti perusahaan peserta dari Jakarta, Surabaya dan Malang.

Bidang pekerjaan yang ikut juga dari beragam, mulai dari perbankan, kesehatan, pembiayaan keuangan, perhotelan sampai pertambangan.

Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko mengatakan, ada 58 perusahaan yang mengikuti JMF tahun ini. Ajang ini juga mempertemukan secara langsung antara perusahaan dengan calon tenaga kerja yang dibutuhkan.

"Kegiatan ini juga merangsang perusahaan-perusahaan yang ada untuk ikut melibatkan putra daerah berprestasi dan juga turut mengurangi jumlah pengangguran terbuka," ungkap Yusuf Widyatmoko saat membuka JMF di Gor Tawangalun, Banyuwangi, Rabu (6/9/2017).

Sementara Kepala Disnakertrans Alam Sudrajat menambahkan, JMF yang digelar sejak 2013 cukup efektif untuk menekan jumlah pengangguran terbuka. Tahun pertama (2013), Anas merinci mampu menyerap 1.000 tenaga kerja. Tahun 2014-2016, masing-masing menyerap sekitar 800 tenaga kerja.

Para peserta calon tenaga kerja yang akan mengikuti JMF ini, sambung Alam, cukup membawa surat lamaran dan persyaratan lain yang diperlukan. Misalnya, foto copy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi, pas photo terbaru, dan KTP. Di lokasi yang sama juga disediakan stan khusus untuk melayani kartu kuning.

"Ada stan khusus bagi calon pekerja yang membutuhkan kartu pencari kerja atau yang lazim disebut kartu kuning. Jadi tidak perlu ribet, karena bisa langsung diurus di sana," tutupnya.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed