DetikNews
Senin 04 September 2017, 15:49 WIB

Sumbangkan Medali, Evan Dimas Dapat Beasiswa dari Kampusnya

Grasella Sofia Mingkid - detikNews
Sumbangkan Medali, Evan Dimas Dapat Beasiswa dari Kampusnya Evan Dimas, Rektor Unitomo, dan Zahidiin Putu (Foto: Grasella Sofia Mingkid)
Surabaya - Ada dua mahasiswa Universitas dr. Soetomo (Unitomo) yang menjadi atlet dan berlaga di Sea Games 2017 di Malaysia kemarin. Dua atlet tersebut menyumbangkan medali untuk Indonesia. Atas prestasinya tersebut, Unitomo memberikan apresisasi berupa beasiswa.

"Beasiswa ini sebagai bentuk kepedulian dan dukungan kami agar para atlet bisa studi dengan baik dan lancar. Jadi prestasi di bidang olahraga oke, di bidang akademik pun oke," ujar Rektor Unitomo Bachrul Amiq kepada wartawan seusai memberikan beasiswa, Senin (4/9/2017)

Tidak hanya itu, Bachrul menjelaskan, akan ada pendampingan khusus bagi para atlet. "Akan ada tim khusus yang akan membantu mengontrol para atlit, agar mereka bisa tetap berkuliah di tengah kesibukan. Salah satunya mereka akan dipastikan bisa ikut e-learning apabila mereka harus mengikuti latihan misalnya," jelasnya.

Salah satu atlet yang mendapatkan beasiswa adalah Muhammad Zahidin Putu, atlit peraih medali emas dalam cabang ski air di Sea Games 2017 yang diadakan di Malaysia.
Sebagai atlet, mereka bisa mendapat dispensasi soal urusan kuliah Sebagai atlet, mereka bisa mendapat dispensasi soal urusan kuliah (Foto: Grasella Sofia Mingkid)

"Senang bisa mendapatkan perhatian seperti ini. Atlet juga harus punya ijazah, karena kalau tidak, mau sampai kapan jadi atlet? Harus dipersiapkan dari sekarang," ujar Zaihidin.

Selain Zahidin, atlet lain yang mendapatkan beasiswa adalah Evan Dimas, salah satu pesepakbola nasional Indonesia. Evan mengaku senang karena hasil kerja kerasnya dihargai.

"Senang ya, karena ini hasil dari sepak bola. Selanjutnya saya akan pergunakan dengan baik kesempatan ini," ujar pemain yang berposisi sebagai gelandang ini.

Ketua Harian KONI Jawa Timur, M Nabil mengapresiasi perhatian ini. "Pendidikan menjadi sektor penting bagi atlet, karena atlet juga butuh basic intelektual yang kuat," ujar Habil.

Lebih lanjut, Habil menambahkan agar para atlit juga bisa berkomitmen pada perkuliahannya.

"Bukan hanya prestasi saat ini saja tapi juga setelah kuliah ini bagaimana, apa sumbangsih anda pada Jawa Timur," pungkasnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed