Cacing Hati di Hewan Kurban Juga Ditemukan di Situbondo

Ghazali Dasuqi - detikNews
Jumat, 01 Sep 2017 14:03 WIB
Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Petugas Dinas Peternakan (Disnak) Situbondo menemukan hewan kurban terjangkit cacing hati. Hewan kurban dimaksud berupa 2 ekor sapi, yang dipotong usai salat Idul Adha, Jumat (1/9/2017).

Dengan temuan tersebut, bagian hati 2 ekor sapi itu disarankan untuk langsung dimusnahkan. Sebab, dianggap tidak layak untuk dikonsumsi.

"Hasil pemeriksaan tadi, ada 2 ekor hewan kurban Yang terjangkit cacing hati. Kalau dagingnya tidak masalah dikonsumsi, hanya bagian hatinya yang dimusnahkan karena tidak layak," kata Kabid Masyarakat Veteriner dan Kesehatan Hewan Disnak Situbondo, Sulistiyani, di sela pemeriksaan hewan kurban di pemkab Situbondo, Jumat (1/9/2017).

Sulistiyani mengemukakan, dua ekor sapi kurban terjangkit cacing hati itu ditemukan di wilayah Kecamatan Kota Situbondo. Sementara untuk di Kecamatan lain, hingga kini masih dilakukan pemantauan dan pemeriksaan. Sedikitnya terdapat 40 petugas Disnak yabg diterjunkan melakukan pemeriksaan hewan kurban di Situbondo. Petugas Disnak itu terdiri dari dokter hewan dan manteri hewan.

"Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan daging kurban yang didistribusikan ke masyarakat itu sehat dan layak dikonsumsi," papar Sulistiyani.

Sulistiyani optimis, kualitas hewan kurban tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Sebab pihaknya selama ini telah rutin melakukan berbagai program pengobatan gratis terhadap hewan ternak milik warga. Tahun 2016 lalu, terdapat 469 ekor sapi, 1.174 domba, dan 590 ekor kambing yang dipotong dalam perayaan Idul Adha.

"Untuk tahun ini, jumlah hewan kurban belum diketahui. Karena laporan dari kecamatan-kecamatan belum masuk. Tapi kalau kesehatan ternaknya, kami optimis lebih baik dari tahun kemarin," paparnya.

Pengamatan detikcom menyebutkan, penyembelihan hewan kurban di Situbondo dilakukan di berbagai tempat. Tidak hanya di masjid-masjid dan rumah warga saja. Banyak instansi pemerintah juga melakukan penyembelihan hewan kurban. Pemkab Situbondo misalnya, tahun ini menyembelih hewan kurban sebanyak 12 ekor sapi dan 42 domba.

"Untuk Polres Situbondo, hewan kurban tahun ini ada 4 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Nanti dagingnya akan kita bagikan kepada 700 warga yang berhak menerima," papar AKP Agus Supariono, panitia kurban Polres Situbondo. (bdh/bdh)