Pelarian Tahanan Polsek Wongsorejo Berakhir, Ditangkap di Selat Bali

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 31 Agu 2017 20:09 WIB
Kadek Supartika diamankan saat kabur di Selat Bali (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Pelarian Kadek Supartika (27), tahanan Polsek Wongsorejo yang kabur dari selnya, Selasa dinihari (29/8) lalu berakhir. Kadek ditangkap saat kabur menyeberang ke Bali dengan berenang dari pantai Bengkak, Wongsorejo, Kamis (31/8/2017).

Sebelumnya Kadek sempat ditangkap di kebun cabai milik warga di Dusun Poh Sumur, Desa Bengkak Kecamatan Wongsorejo. Pada saat itu, Ketut berencana menyewa perahu nelayan, untuk menyeberang ke Bali. Namun rencananya tersebut gagal, setelah ditangkap oleh resmob Polres Banyuwangi dan Polsek Wongsorejo.

"Kami dapat informasi Kadek akan menyewa perahu nelayan. Kami kejar ke sana katanya baru keluar dari rumah nelayan. Kemudian warga melaporkan ada orang yang sembunyi di kebun cabai. Langsung kami tangkap," ujar Iptu Kusmin, Kapolsek Wongsorejo kepada sejumlah wartawan, Kamis (31/8/2017).

Saat ditangkap, Kadek mencoba melakukan perlawanan. Dirinya sempat kabur berlari menceburkan diri ke laut. Kadek berusaha berenang menyeberangi Selat Bali tanpa menggunakan alat apapun.

"Kita kejar lagi pakai perahu. Karena dia sudah renang sampai 200 an meter. Dan Alhamdulillah berhasil kita tangkap," tambah Kusmin.

Saat mencari Kadek, polisi sudah melakukan penggerebekan di beberapa lokasi. Antara lain di sekitar Pantai Andelan, Desa Sumber Kencono, Desa Alasbuluh dan terakhir di Pantai Bengkak, Desa Bengkak Kecamatan Wongsorejo.

"Semua dari laporan masyarakat. Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang membantu kami," tambahnya.

Kadek mengaku melubangi tembok dengan paku dan serpihan besiKadek mengaku melubangi tembok dengan paku dan serpihan besi (Foto: Ardian Fanani)




Kadek Bobol Tembok Sel Dengan Paku dan Serpihan Besi Cor


Kepada polisi, Kadek mengaku menjebol tembok cor sel tahanan Polsek Wongsorejo dengan menggunakan paku dan serpihan besi cor yang rusak.

"Sempat kami tanya saat baru ketangkep. Katanya dia menggunakan paku dan besi cor yang rusak di sel tahanan," ujar AKP Sodik Efendi, Kasat Reskrim Polres Banyuwangi kepada detikcom, Kamis (31/8/2017).

Menurut pengakuan Kadek, tambah Sodik, paku yang digunakan Kadek untuk menjebol dinding cor tersebut didapat dari pintu sel tahanan. Sememtara besi cor didapat dari serpihan tembok cor.

"Kami masih akan melakukan pemeriksaan lanjutan kepada tersangka. Sementara terkait dengan keterlibatan orang lain kami masih dalami," tambah Sodik.

Sementara demi keamanan, polisi menahan Kadek Supartika di sel tahanan Polres Banyuwangi. Karena saat ini sel tahanan di Polsek Wongsorejo sedang diperbaiki.

Pelarian Kadek Supartika (27), tahanan Polsek Wongsorejo yang kabur dari selnya, Selasa dinihari (29/8) lalu berakhir. Kadek ditangkap saat kabur menyeberang ke Bali dengan berenang dari pantai Bengkak, Wongsorejo, Kamis (31/8/2017).

Sebelumnya Kadek sempat ditangkap di kebun cabai milik warga di Dusun Poh Sumur, Desa Bengkak Kecamatan Wongsorejo. Pada saat itu, Ketut berencana menyewa perahu nelayan, untuk menyeberang ke Bali. Namun rencananya tersebut gagal, setelah ditangkap oleh resmob Polres Banyuwangi dan Polsek Wongsorejo.

Baca juga: Jebol Dinding yang Rapuh, Tahanan Polsek Wongsorejo Berhasil Kabur (iwd/iwd)