Begini Cara Kadek, Tahanan Polsek Wongsorejo Kabur dari Sel

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 30 Agu 2017 12:58 WIB
Lokasi tahanan Polsek Wongsorejo kabur/Foto: Istimewa
Banyuwangi - Tahanan Polsek Wongsorejo Banyuwangi, yang kabur hingga hari kedua belum berhasil ditangkap. Tahanan Kadek Supartika (27) warga Desa Busungbiu, Kabupaten Buleleng, Bali ini kabur Selasa (29/8) dini hari. Bagaimana cara pelaku kabur dari sel tahanan?

Detikcom mendapat gambaran kondisi sel tahanan yang dibobol Kadek. Sel yang dibobol berada di ruangan luar sel tahanan. Kadek membobol tembok yang rapuh di belakang ruangan. Meski ada teralis besi, namun tak menyatu dengan tembok.

"Saya sempat melihat kondisi ruang tahanan yang dijebol. Lubangnya cuma sebesar tubuh manusia," ujar Sampurno, salah satu warga yang sempat melihat sel tahanan Polsek Wongsorejo, kepada detikcom, Rabu (30/8/2017).

Sampurno menambahkan, posisi sel ruangan di Polsek Wongsorejo dibagi tiga sel. Satu sel untuk perempuan, satu sel untuk laki-laki dan sel yang digunakan untuk tempat tahanan menghirup udara dengan teralis besi di atasnya. Kadek memang diletakkan di sel laki-laki. Namun diduga sel laki-laki tersebut tak dikunci saat Ketut kabur. Sehingga Kadek leluasa berpindah ke sel tahanan yang dijebolnya.
Lokasi tahanan Polsek Wongsorejo kabur/Lokasi tahanan Polsek Wongsorejo kabur/ Foto: Istimewa

"Ya seharusnya kan di sel tahanan laki-laki harus dikunjungi. Tapi ini tidak, makanya gampang menjebol tembok. Sementara penjagaan juga kurang," jelas Sampurno yang juga tokoh pemuda Wongsorejo ini.

Sebelumnya Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto sempat meninjau kondisi ruang tahanan Mapolsek Wongsorejo, bahkan juga ikut serta terlibat dengan anggotanya mencari tersangka di perkampungan warga.

"Sebelum diketahui kabur, petugas tidak menempatkan tersangka di dalam sel tahanan. Namun ditempatkan di luar sel yang masih di dalam area ruang tahanan, yang juga dilengkapi dengan teralis besi di bagian atas," ujar kapolres saat berbincang dengan wartawan.

Pasalnya, pada malam itu, tersangka baru saja dimintai keterangan tambahan oleh penyidik. Diduga tersangka kabur dengan merusak tembok atas sisi samping teralis, karena diketahui rusak. "Kondisi tembok ruang tahanan sangat kuat kok," ungkapnya. (fat/fat)