Sumba Barat Adopsi e-Goverment yang Diterapkan Pemkot Surabaya

Sumba Barat Adopsi e-Goverment yang Diterapkan Pemkot Surabaya

Grasella Sofia Mingkid - detikNews
Kamis, 24 Agu 2017 15:53 WIB
Risma saat menemui Bupati Sumba Barat (Foto: Grasella Sofia Mingkid)
Surabaya - Sistem e-goverment kembali diadopsi oleh daerah lain. Kali ini Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur yang tertarik dan ingin mengadopsinya.

Bupati Sumba Barat Agustinus Niga Dapawole beserta jajaran SKPD Kabupaten Sumba Barat langsung mengadakan kunjungan kerja ke Surabaya dan bertemu dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

"Kami dalam rangka silaturahmi dan belajar juga dari bu Risma. Tadi sempat bercerita juga tentang keadaan di Sumba, dan kami belajar banyak dari Ibu. Tentang e-Goverment khususnya, ibu bilang, jangan masyarakat yang datang ke kami, tetapi kami yang harus datang ke mereka lewat e-Goverment ini," kata Agustinus kepada detikcom seusai pertemuan di ruang kerja Wali Kota Surabaya, Rabu (24/8/2017).

Agustinus juga mengakui bahwa ia banyak belajar dari wali kota perempuan pertama di Surabaya ini.

Risma saat menyambut kedatangan Bupati Sumba BaratRisma saat menyambut kedatangan Bupati Sumba Barat (Foto: Grasella Sofia Mingkid)
"Ya, saya kagum dengan ibu Risma. Waktu ketemu langsung kelihatan sekali bahwa bu Risma ini pemimpin yang sangat mencintai warganya. Surabaya yang dalam satu kecamatan saja banyak warganya bisa diatur dengan baik. Di Sumba, penduduknya tidak sepadat disini," ungkapnya.

Sementara itu, staf IT Bapedda Kabupaten Sumba Barat Irawan mengatakan bahwa pihaknya ingin mengadopsi e-government yang telah diterapkan Pemkot Surabaya karena sistemnya yang memang bagus.

"Sudah lama memang sistem ini bisa diadopsi, tapi di daerah kami baru mau mulai sekarang," jelas Irawan.

Menurut Irawan, hibah sistem e-goverment yang dilakukan Wali Kota Tri Rismaharini beberapa tahun lalu ke KPK sangat membantu daerah lain, khususnya daerah seperti Sumba Barat.

"Bagi kami ini sangat membantu, dan bisa didapatkan secara gratis. Bayangkan kalau beli dari pihak ketiga biayanya pasti mahal. Tapi bu Risma sudah hibahkan ini ke KPK sehingga bisa didapatkan secara gratis," terangnya.

Selain silaturahmi, Bupati dan jajaran SKPD serta staff langsung berkunjung ke Dinas Kominfo Surabaya untuk secara langsung belajar penerapan aplikasi sistem e-Goverment.

"Setelah ini kami akan langsung praktik ke Dinas Kominfo, agar nanti kembali ke Sumba langsung diterapkan," pungkasnya.

e-government diadopsi Sumba Barat karena sistemnya yang baguse-government diadopsi Sumba Barat karena sistemnya yang bagus (Foto: Grasella Sofia Mingkid)
(iwd/iwd)