Tak Punya Penyakit, Pitbull Gigit Ramiza Bisa Dipelihara

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 24 Agu 2017 08:41 WIB
Foto: Muhammad Aminudin/File
Malang - Masih ingat dengan Sapi? Sapi adalah nama anjing yang menggigit Ramiza (8), bocah kelas 3 SD negeri di Kota Malang, hingga tewas tidak mengidap penyakit berbahaya.

Hasil observasi dokter selama 14 hari masa karantina, anjing jenis bully classic itu dinyatakan bersih, sehat dan bisa dipelihara.

"Hasilnya semua negatif, artinya anjing itu tidak mengidap penyakit apapun. Seperti rabies dan penyakit bawaan lain," ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Malang Anton Pramujiono kepada detikcom saat di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Malang Jalan Kolonel Sugiono, Kamis (24/8/2017).

Baca Juga: Sejak Dikarantina, Perilaku Anjing Penggigit Ramiza Lebih Banyak Diam

Dengan kondisi begitu, lanjut Anton, Sapi aman untuk dipelihara dan rekomendasi terkait kondisi kesehatan Sapi turut diberikan ke aparat kepolisian.

"Kami juga membuat rekomendasi ini ke polisi tentang kondisi kesehatan anjing tersebut," beber Anton.

Ditambahkan Anton, Sapi kini dibawa Unit K9 Brimobda Ampeldento, tidak lagi berada di rumah bapak asuhnya, Jalan Irian Jaya, Kota Malang, tempatnya selama 14 hari menjalani karantina.

"Sekarang dibawa Unit K9, tidak lagi di rumah bapak asuh, karena masa karantina telah selesai," ujarnya.

Ramiza Bazigha (8), tewas dengan luka parah di bagian leher akibat digigit pitbull, anjing peliharaan orang tuanya, Minggu (6/8/2017). Pitbull warna putih itu diduga menerkam Ramiza saat mengambil boneka yang terjatuh, tepat mengenai pitbull yang sedang tertidur di halaman belakang rumah. (fat/fat)