DetikNews
Rabu 23 Agustus 2017, 21:07 WIB

Lima Warga Jatim Terpilih Ikuti Google Local Guide Summit 2017

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Lima Warga Jatim Terpilih Ikuti Google Local Guide Summit 2017 Nurul Rahmawati (Foto: Istimewa)
Surabaya - Local Guides Summit adalah salah satu bentuk penghargaan yang diberikan Google kepada mereka yang secara aktif berkontribusi meningkatkan kuantitas dan kualitas informasi yang ada di Google Maps untuk membantu sesama pengguna dalam menemukan lokasi yang akan dicarinya.

Lima warga Jawa Timur terpilih mewakili Indonesia dalam Google Local Guide Summit 2017 yang digelar di tahun keduanya di San Fransisco, California, Amerika. Siapa saja mereka?

Mereka adalah Budiono (Surabaya), Nurul Rahmawati (Surabaya), Ahadin Syarifudin Fahmi (Sidoarjo), Nunung Afuah (Blitar), dan Mutiah (Malang). Mereka menjadi bagian dari 150 orang peserta dari seluruh dunia yang juga terpilih.

"Sebelum berangkat ke Amerika, saya ingin pamitan ke Bu Risma, Wali Kota Surabaya," ujar Budiono dalam siaran pers yang diterima detikcom, Rabu (23/8/2017).

Budiono mengaku mendapatkan banyak pertanyaan dari peserta negara lain tentang sosok Risma. Budiono yang seorang konsultan internet marketing dan SEO ini terpilih di 'injury time'. Padahal awalanya Budiono ragu untuk ikut.

"Yang menyemangati istri, padahal videonya dibikin 1 jam sebelum penutupan," cerita Budiono.

Sementara itu, Nurul Rahmawati lebih menekankan kejujuran dalam setiap karyanya. Itu sesuai dengan tips yang didengungkannya yakni Just Be The Best Version of Yourself!.

"Jadi, apapun profesi/kegiatanmu, sampaikan apa adanya," kata Nurul.

Nurul tidak pernah berusaha menyembunyikan identitasnya sebagai ibu rumah tangga di dalam setiap karya di blog maupun situsnya. Ia juga
tidak berusaha tampil lebih keren atau jadi social climber hanya untuk menarik atensi pihak Google.

"Bikin video dengan senatural mungkin," ujarnya.

Mereka yang terpilih telah memenuhi persyaratan yang disyaratkan yakni level 5 (sekarang level 10), membuat video 1 menit tentang profil diri, dan pertimbangan lain dari Google (aktif di komunitas localguidesconnect.com, menjadi moderator, menggelar meetup, dan sebagainya).

Selain menghadiri gelaran Google Local Guide Summit 2017, kelima peserta ini juga akan mengunjungi Google Headquarter di Mountain View. Lima perwakilan Indonesia ini akan bertolak ke Amerika pada tanggal 9 Oktober 2017 untuk mengikuti acara yang akan digelar pada tanggal 10, 11, dan 12 Oktober.
(iwd/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed