DetikNews
Rabu 23 Agustus 2017, 15:00 WIB

Seorang Balita di Blitar Meninggal Pasca Imunisasi MR

Erliana Riady - detikNews
Seorang Balita di Blitar Meninggal Pasca Imunisasi MR Foto: Erliana Riady
Blitar - Dimas, balita berusia 4 tahun warga Dusun Besole Desa RT 1 RW 3 Desa Darungan, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar meninggal pasca diimunisasi MR.

Kepala Desa Darungan, Shokib Adiputra membenarkan informasi tersebut. "Iya benar ada balita yang meninggal atas nama Dimas berusia empat tahun. Tapi penyebab meninggalnya, bukan kapasitas saya yang menjelaskan," kata Shokib saat ditemui di kantornya, Rabu (23/8/2017).

Informasi dari beberapa warga sekitar tempat tinggalnya, Dimas dikabarkan meninggal 7 hari lalu. Balita itu mengalami demam tinggi selama tiga hari. Keluarganya lalu membawanya ke RS Aminah di Kota Blitar hingga akhirnya jiwanya tak tertolong.

Menurut Shokib, pelaksanaan teknis imunisasi di desanya mulai awal sampai akhir, tidak ada kendala dan tidak ada kesalahan. "Suatu contoh, masing-masing pos sudah ditangani sendiri-sendiri. Petugas posyandu dan petugas imunisasi sudah melayani dengan maksimal," ungkapnya.

Adapun peristiwa meninggalnya Dimas, Kades Shokib menegaskan, prosedure pemberian imunisasi sepengetahuannya sudah sesuai. "Yang tangani ini bidan senior. Dan bidannya bilang, anak ini siap mendapat imunisasi. Badannya sehat dan tidak ada masalah," paparnya.

Saat detikcom menyambangi rumah Dimas, tampak tikar masih tergelar di ruang tamu rumah duka itu. Namun ibunya, Siti, tidak bersedia menerima wartawan yang ingin menanyakan kejadian yang menimpa anak lelakinya itu.

"Sudah tidak ada apa-apa. Saya sudah ikhlas. Jangan ditanya-tanya lagi ya mbak, dari pada saya menyesal lagi," pinta dengan wajah masih sembab.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Kuspardani saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah memberikan laporan lengkap ke dinkes provinsi. "Yang berhak menjelaskan dinkes provinsi, silahkan kesana saja langsung," katanya.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed