detikNews
Selasa 22 Agustus 2017, 14:13 WIB

Bupati Anas Adu Egrang Bathok Lawan Karyawan Saat Lomba Agustusan

Ardian Fanani - detikNews
Bupati Anas Adu Egrang Bathok Lawan Karyawan Saat Lomba Agustusan Foto: ard
Banyuwangi - Seluruh karyawan dan ratusan PNS di lingkungan Pemkab Banyuwangi menggelar lomba Agustusan. Lomba yang juga diikuti Bupati Abdullah Azwar Anas ini digelar di halaman kantor Pemkab Banyuwangi, Selasa (22/8/2017).

Dengan memakai kostum nuansa merah putih, Bupati Anas larut dalam lomba-lomba tersebut. Bupati pun mengikuti lomba egrang bathok kelapa dan volly. Tak ayal halaman kantor yang biasanya sepi, menjadi riuh dengan canda tawa dan jeritan karyawan dan karyawati.

"Ayo pak, terus-terus," teriak PNS menyemangati Bupati Anas.

Sementara Bupati Anas mengaku lomba ini salah satu cara memeriahkan HUT ke-72 RI. Dan menjaga kekompakan dan silaturahmi antar PNS, karena semua PNS dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) berkumpul menjadi satu hingga tak ada jarak antar mereka.

"Sekaligus menumbuhkan semangat patriotisme kebangsaan PNS. Sekalian untuk refresh karyawan-karyawati yang telah lelah melaksanakan pekerjaannya," ujar Bupati Anas kepada wartawan, Selasa (22/8/2017).

Dalam kesempatan ini, Bupati Anas juga mengajak PNS terus bekerja keras. Memang, kata Bupati Anas, capaian Banyuwangi saat ini cukup banyak. Mulai penghargaan bidang pemerintahan, ekonomi dan pariwisata. Dengan capaian ini, kita jangan sampai kendur dan berpuas diri.

"Birokrasi harus terus berionovasi, tantangan kita ke depan sangat banyak, perekonomian kita harus tetap tumbuh dan program yang telah digagas pemerintah harus benar-benar dilaksanakan. Ayo kita terus kerja keras untuk Banyuwangi lebih maju," ujarnya.

Gebyar merah putih kali ini begitu berbeda dengan tahu lalu. Selain dipenuhi beragam lomba, nuansa kebangsaan sangat kentara di sini. Peserta paduan suara menyanyikan lagu-lagu perjuangan. Mulai Gugur Bunga, Pada Pahlawan, Merah Putih dan Garuda Pancasila.

Meski ada beragam lomba-lomba, untuk pelayanan publik di lingkungan pemkab tetap berjalan normal. Karena, yang piket menjaga pelayanan dijadwal bergantian. Begitu juga dalam melaksanakan pekerjaan rutinnya SKPD juga tetap aktif.

Seiring berlangsungnya lomba, PNS ini juga bisa menikmati puluhan kuliner khas Banyuwangi yang disediakan panitia. Mulai rujak soto, sego tempong, sego cawuk, nasi bakar, pecel pincuk, batagor, bakso hingga mie ayam dan nasi uduk. Sementara minumannya ada es dawet, es degan, es pisang ijo dan es cincau.

Untuk bisa mendapatkan beragam kuliner ini, karyawan pemkab cukup menukarkan kupon yang telah disediakan masing-masing kantornya ke penjual makanan yang ada di arena gebyar.

Selain makanan, panitia juga menyediakan bermacam door prize menarik bagi para PNS, melalui kupon undian dan tebak-tebakan lagu yang dimainkan para PNS. Door prize tersebut, antara lain, dua sepeda gunung, kulkas, rice cooker, setrika, jam dinding, payung dan peralatan dapur, serta hadiah hiburan lainnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com