DetikNews
Jumat 18 Agustus 2017, 18:46 WIB

Ada Pelangi Kembar di Langit Surabaya, Fenomena Apa yang Terjadi?

Grasella Sofia Mingkid - detikNews
Ada Pelangi Kembar di Langit Surabaya, Fenomena Apa yang Terjadi? Pelangi kembar di langit Kota Surabaya (Foto: Istimewa)
Surabaya - Pelangi kembar terlihat di langit Surabaya sore tadi. Padahal cuaca Surabaya sedang cerah, tidak diguyur hujan. Apa yang terjadi? Apakah ada fenomena tertentu?

Menjawab pertanyaan ini, Oki, salah satu prakirawan BMKG Juanda menjelaskan bahwa tidak ada fenomena khusus atas munculnya pelangi di langit Surabaya sore ini.

"Tidak ada fenomena khusus. Pelangi memang biasanya terjadi karena pembiasan molekul-molekul cahaya matahari di atmosfer," terang Oki saat dihubungi detikcom, Jumat (18/08/2017).

Lebih lanjut, Oki menjelaskan, berdasarkan pantauan BMKG, sore tadi memang tak ada hujan, namun mengakibatkan pembiasan. "Sore tadi terpantau ada pertumbuhan awan yang meski tidak berpotensi hujan, namun mengakibatkan pembiasan dari uap air.

"Pembiasan tersebutlah yang menghasilkan pelangi," jelasnya.

Seorang netizen bernama Adi mengirim foto ke detikcom . Foto itu memperlihatkan dua pelangi di langit yang menurutnya ada di Surabaya. Satu pelangi yang ada di bagian atas terlihat agak samar. Sementara pelangi yang satunya, yang ada di bawah terihat lebih terang.

"Waktu itu saya lagi melintas di tol Satelit," kata Adi.
(iwd/iwd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed