DetikNews
Jumat 18 Agustus 2017, 16:09 WIB

Kapolda Ajak Bahas Persoalan Pangan di Jawa Timur

Rois Jajeli - detikNews
Kapolda Ajak Bahas Persoalan Pangan di Jawa Timur Foto: Rois Jajeli
Surabaya - Polda Jawa Timur menggelar Forum Group Discussion (FGD), untuk membahas persoalan pangan di Jawa Timur. FGD tersebut dihadiri Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Awan Samodra, serta pejabat utama Polda Jatim.

Selain itu, hadir juga para pengusaha penggilingan padi, asosiasi pengusaha Pajale (Padi, jagung dan kedelai). Kepala Divre Bulog Jatim, Plt Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jatim, Kepala Badan Pengawasan Obat-obatan dan makanan (BPOM) serta Kapolrestabes Kombespol M Iqbal.

"Kita mendorong untuk memperoleh pasokan beras yang cukup lah," kata Kapolda Jatim usai FGD di ruang lobby kapolda, Jalan A Yani, Surabaya, Jumat (18/8/2017).

Kapolda mengatakan, dari informasi yang diterima dari instansi terkait, produksi beras di Jawa Timur sampai bulan ini mencapai 500 ribu ton. Sedangkan target produksinya 900 ribu ton.

"Kan musim panen sudah agak berkurang, stok menipis. Tapi diharapkan stabilitas pasokan ke bulog masih mencukupi," ujarnya.

Dengan adanya FGD tersebut, akan dapat mengevaluasi kenapa produksi beras mengalami penurunan.

"Kenapa menurun, kita evaluasi. Ada beberapa hal yang mengalami penurunan, karena pasokannya kurang. Terus kemudian aturan di Bulog terlalu ketat, nah itu membuat barang tidak masuk," tuturnya.

Dengan adanya diskusi tersebut, diharapkan fleksibelitas bulog, sehingga mau menyerap beras dari petani. "Mudah-mudahan masih ada panen ketiga ini bisa masuk ke bulog-lah," tandasnya.
(roi/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed