DetikNews
Jumat 18 Agustus 2017, 13:10 WIB

Ini Sosok Fariza, Pelajar asal Blitar Pembawa Bendera Pusaka

Erliana Riady - detikNews
Ini Sosok Fariza, Pelajar asal Blitar Pembawa Bendera Pusaka Firza di samping Bu Waka (Perempuan) Foto: Erliana Riady
Blitar - Siaran langsung upacara HUT ke-72 RI di Istana Negara membuat pemirsa langsung tertuju sosok gadis pembawa baki bendera Merah Putih. Gadis dengan senyum manis itu adalah Fariza Putri Salsabila (16), siswa kls XI IPS 3 SMAN 1 Blitar.

Posisi pembawa baki bendera Merah Putih merupakan posisi istimewa dalam pasukan Paskibraka. Apalagi dia langsung berhadapan dengan presiden selaku pemimpin upacara. Namun siapakah sosok Fariza di mata guru, teman dan keluarganya ?

Putri kedua pasangan Rudi Hendratno (46) dan Ary Irawaty (44) ini di sekolah dikenal sebagai pelajar yang disiplin, kritis dan aktivis sekolah. Kiprahnya sebagai pembawa bendera di Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) sudah dijalaninya sejak SD. Dan aktivitas itu semakin ditekuni ketika dia mengikuti ekstrakurikuler Paskibra di SMAN 1 Blitar.

Pembina Ekstra Paskibra SMAN 1 Blitar, Woro Setrianti mengatakan, Fariza lolos seleksi Paskibra dari 42 siswa yang dikirim sekolahnya.

"Kami kirim 42 siswa. Yang lolos sebagai Paskibra Kota Blitar ada 18 siswa, dua siswa lolos Paskibra di Provinsi Jatim dan Fariza ini yang lolos sampai nasional," paparnya ditemui di sekolah, Jumat (18/8/2017).

Fariza, menurut Woro memang sosok ideal sebagai pembawa bendera. Ini dilihat dari postur tubuhnya dan kemampuan baris berbarisnya yang mendekati sempurna. Bahkan Woro sudah punya feeling jika Fariza akan lolos sebagai pembawa bendera.

"Saya sudah punya perasaan kalau Fariza ini akan lolos sebagai pembawa bendera. Cuma tidak nyangka kalau sampai tingkat nasional. Waktu dia pamit berangkat ke Jakarta sambil peluk saya, cuma satu pesan saya. Bawa berita positif tentang kamu sebagai pembawa bendera. Dan betul menjadi kenyataan," ungkap guru matematika ini dengan mata berkaca-kaca tanda bahagia.

Sejak berangkat ke Jakarta pada 5 Agustus lalu, praktis tidak ada komunikasi antara Fariza dengan pihak sekolah maupun keluarganya. Hingga saat pelaksanaan upacara HUT RI di Istana Negara, Fariza tiba-tiba didaulat menjadi pembawa baki bendera Merah Putih.

Fariza merupakan generasi ke enam yang berhasil dicetak SMA favorit di Kota Blitar ini. Sebelumnya ada beberapa nama siswa sekolah ini yang lolos sebagai Paskibra di Istana Negara. Mereka yakni Guritno, Vera, Patria, Kiva, Rangga dan tahun ini Fariza. Pembawa baki bendera dimasa Presiden Megawati, dilakoni Vera yang sekarang menjadi mahasiswi Unpad Bandung.

Kegiatan ekstra Paskibra di SMAN 1 Blitar, rutin dilaksanakan setiap hari Kamis. Mulai pukul 14.00-17.00 wib. Sosok Fariza di hadapan para seniornya dikenal sebagai siswa yang kritis dan kreatif.

"Anaknya kritis, akan banyak bertanya jika tidak tahu. Dia juga kreatif, ada beberapa ide dari dia. Contohnya saat sekolah ini mengadakan lomba kreasi baris-berbaris antar sekolah, dia paling aktif ngurusi terutama mencari dana dari berbagai pihak," ungkap senior Paskibra kls XII IPA 3, Pinka Gebi.

Selama latihan persiapan untuk seleksi Paskibra, lanjut Pinka, tak pernah sekalipun Fariza mengeluh capek atau sakit. " Anaknya sangat bersemangat kalau latihan, gak pernah mengeluh sama sekali," tambahnya.

SMAN 1 Blitar memang patut berbangga karenanya. Waka Humas SMAN 1 Blitar, Tri Hartatik berharap, prestasi Fariza menjadi inspirasi dan motivasi bagi generasi mendatang.

"Semoga akan ada Fariza lainnya dari sekolah ini. Karena sudah terbukti bisa dengan baik menjalankan tanggung jawab yang begitu besar. Kemampuan Fariza sudah terukur dan teruji, semoga akan semakin tertata ke langkah berikutnya," pungkasnya.

Saat siaran langsung, pihak sekolah SMAN 1 Blitar mengadakan nobar di aula sekolah. Semua bersorak gembira, saat gambar Fariza di zoom membawa baki bendera merah putih dan menyerahkan ke Presiden Jokowi.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed