DetikNews
Selasa 15 Agustus 2017, 19:16 WIB

The NextDev Digelar Ketiga Kalinya, Fokus untuk Bangun Indonesia

Imam Wahyudiyanta - detikNews
The NextDev Digelar Ketiga Kalinya, Fokus untuk Bangun Indonesia Roadshow The NextDev digelar di 11 kota di Indonesia (Foto: Imam Wahyudiyanta)
Surabaya - Banyak bakat muda dalam penciptaan aplikasi digital di Indonesia. Namun banyak juga yang belum beruntung yang mendapat sarana dan dukungan dalam penciptaan kreasi tersebut.

The NextDev bisa menjadi solusinya. Karena The NextDev merupakan sebuah ajang inkubasi bagi start up pengembang aplikasi digital. Siapapun bisa bergabung dalam ajang ini.

"Kami perhatikan banyak komunitas start up digital dan developer lokal yang berpotensi. Kami wadahi potensi itu dengan menghadirkan The NextDev sehingga mereka lebih terdorong untuk berkontribusi positif dengan memanfaatkan teknologi tepat guna," ujar General Manager ICT Operation Region Jawa Timur Awal Rachman Chalik kepada wartawan di sela pembukaan sosialiasi The NextDev di Surabaya, Selasa (15/8/2017).

Awal mengatakan, ada cukup banyak hambatan yang ditemui para pemula saat mulai menciptakan aplikasi. Namun hambatan itu coba dilancarkan Telkomsel dengan menyediakan biaya, market, dan juga platform. Para pengembang tinggal mengembangkan dan fokus saja pada aplikasi yang dibuat.

Ini adalah tahun ketiga The NextDev digelarIni adalah tahun ketiga The NextDev digelar (Foto: Imam Wahyudiyanta)
The NextDev tahun ini merupakan ajang yang ketiga kalinya. Setiap tahun, ada kemajuan pada kuantitas aplikasi yang dibuat. Pada ajang pertama, ada 400 aplikasi yang terkumpul. Pada tahun kedua ada sektar 1.000 aplikasi yang didapatkan.

"Yang berbeda pada tahun ini adalah saat ini kami lebih fokus dan menjurus. Dulu roadshownya lebih besar, kalau sekarang kami lebih fokus pada komunitas," kata Awal.

Pada ajang The NextDev tahun kemarin, ada 9 kategori yang disediakan. Namun pada The NextDev tahun ini, hanya 4 kategori yang disediakan. 4 kategori itu adalah kesehatan, pendidikan, transportasi, dan pertanian.

"Kami fokus untuk kategori yang bisa bangun Indonesia," lanjut Awal.

Awal menambahkan, saat ini yang dilakukan Telkomsel adalah melakukan sosialisasi dalam bentuk roadshow yang digelar di 11 kota di Indonesia. Surabaya merupakan kota ke-8 yang disinggahi gelaran roadshow. Sebelumnya, roadshow telah digelar di Padang, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, dan Malang. Kota selanjutnya yang akan disinggahi roadshow adalah Denpasar, Balikpapan, dan Palembang.

"Minat dari Surabaya ini besar, makanya kami selalu hadir di Surabaya. Tahun kemarin, salah satu pemenang juga dari Surabaya," terang Awal.

Pendaftaran The NextDev sendiri masih terbuka. Pendaftaran sudah dibuka sejak 15 Juli 2017 dan masih dibuka hingga 7 Oktober 2017.
(iwd/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed