Ini Lho Nugget Ikan Mujair Kreasi Mahasiswa Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Selasa, 15 Agu 2017 10:49 WIB
Nugget ikan mujair kreasi mahasiswa di Lamongan/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Ikan Mujair di Lamongan sangat melimpah. Ini menjadi sumber inspirasi para mahasiswa di Lamongan. Mereka mengkreasikan ikan mujair menjadi makanan yang sehat dan rendah kalori, berupa nugget yang renyah dan gurih.

Jika biasanya nugget berbahan daging ayam atau daging sapi, tapi mahasiswa Universitas Islam Lamongan (Unisla) ini mengenalkan nugget daging ikan Mujair ke warga Desa Pomahanjanggan, Kecamatan Turi. Mereka membagikan ilmunya ke warga dengan membuat olahan lain dari yang lain.

Seorang mahasiswi Unisla, Kristian Apriliani menuturkan, pembuatan nugget berbahan dasar ikan Mujair ini sangat mudah dan bahannya pun mudah didapatkan di sekitar rumah warga Desa Pomahanjanggan. Biasanya, kata April, warga desa hanya memasak ikan Mujair dengan cara biasa atau menjual ikan tersebut ke pasar.
Ikan mujair melimpah dibuat nugget yang sehat/Ikan mujair melimpah dibuat nugget yang sehat/ Foto: Eko Sudjarwo

"Ikan Mujair sangat mudah didapat dan kalau sedang musim harganya pun bisa turun drastis," kata April kepada wartawan di rumah warga, Selasa (15/8/2017).

Untuk membuat nugget Mujair, terang April, ikan Mujair yang sudah dibersihkan sisik-sisiknya dibelah untuk diambil dagingnya. Setelah daging ikan Mujair didapat, dihaluskan dengan cara diblender atau diulek. "Ikan Mujair kita pisahkan kulit dan durinya dan kita ambil dagingnya saja," terangnya.

Sama seperti membuat bumbu nugget, ikan mujair ini juga menggunakan wortel yang sebelumnya sudah dihaluskan menggunakan parutan. Bumbu-bumbu lainnya, seperti bawang, seledri dan telur diaduk rata menggunakan air matang. Bumbu dan daging ikan mujair yang sudah dihaluskan ini kemudian dimasukkan ke dalam loyang untuk dikukus selama lebih kurang 10 menit.
Warga cicipi nugget ikan mujair kreasi mahasiswa/Warga cicipi nugget ikan mujair kreasi mahasiswa/ Foto: Eko Sudjarwo

Setelah dikukus selama 10 menit, adonan yang telah dikukus didinginkan dan ditaburi tepung panir dan putih telur untuk digoreng. "Setelah digoreng, nugget ikan Mujair pun siap untuk dihidangkan," katanya.

Nugget ikan Mujair ini, lanjut April, sangat mudah dibuat dan sangat cocok bila dimanfaatkan warga. Nugget ikan mujair ini, aku April, lebih enak jika dibandingkan dengan nugget berbahan daging. Sebab, daging ikan Mujair sangat lembut dan halus. Selain itu, kandungan protein pada ikan mujair juga tinggi. "Sangat cocok untuk yang ingin diet karena rendah kalori dan rendah lemak," terangnya.

Kepala desa Pomahanjanggan, Hasan Bisri mengaku nugget ikan mujair ini sangat cocok untuk dikembangkan di desanya. Pasalnya, ikan mujair sangat melimpah dan bila musim panen harganya sangat murah. Dengan olahan ini, bisa mengangkat harga ikan mujair meski dalam bentuk lain.

"Ke depan mungkin akan kita perbanyak pembuatan nugget ikan mujair ini untuk kami pasarkan di tetangga desa sehingga bisa menjadi salah satu potensi desa," ungkap Hasan. (fat/fat)