Ulat Bulu Serang Rumah Warga di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 14 Agu 2017 11:50 WIB
Ulat bulu serang rmah warga/Foto: Ardian Fanani
Ulat bulu serang rmah warga/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Puluhan rumah di lingkungan Solong, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro Banyuwangi, diserang hama ulat bulu. Ulat bulu tersebut memasuki rumah dan pelataran rumah warga.

Serangan ulat itu sudah dialami warga dua hari ini. Ulat bulu tersebut berasal dari beberapa tanaman di dekat rumah warga. Daun tanaman tersebut habis, kemudian menyerang ke rumah warga.

"Sudah dua hari ini ulatnya masuk rumah. Mulai malam lalu sudah banyak masuk ke rumah," ujar Wiwin (42), warga setempat, kepada detikcom, Senin (14/8/2017).
Ulat bulu serang rumah warga/Ulat bulu serang rumah warga/ Foto: Ardian Fanani

Tak hanya itu, ulat-bulu tersebut bahkan masuk ke tempat minum dan makan. Hal ini membuat warga merasa jijik. Belum lagi rasa gatal, dari bulu ulat jika terkena kulit.

"Ya jijik mas. Apalagi gatal kalau kena bulunya. Setiap jam pasti ada dan masuk rumah. Sampai ke tempat minum dan makanan," tambahnya.

Warga kemudian melaporkan kejadian ini ke perangkat Kelurahan Klatak. Kemudian laporan tersebut langsung diteruskan ke Dinas Pertanian Banyuwangi.

"Kita sudah laporkan kejadian ini ke pihak kelurahan dan Dinas Pertanian," ujar Ali Meiji, Ketua RT 03/03 lingkungan Solong.

Hal senada diungkapkan oleh warga lain, Sunali (49). Ulat bulu dari tanaman di sekitar rumah itu bergerak menyerang rumah warga pada malam hari. Seluruh atap rumahnya sudah dipenuhi dengan ulat bulu.

"Mereka ini tidak terbang. Tapi merambat dengan tali seperti benang. Jatuhnya ke genting dan turun pakai kayak selaput gitu," tambahnya. (fat/fat)