DetikNews
Minggu 13 Agustus 2017, 13:37 WIB

Kecamatan Singosari Dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata

Muhammad Aminudin - detikNews
Kecamatan Singosari Dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Candi Singosari yang terletak di Kabupaten Malang/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Singosari, salah satu kecamatan di utara Kabupaten Malang ini akan berubah. Singosari akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk sektor pariwisata.

Pemilihan Singosari sebagai Kawasan Ekonomi Khusus dicetuskan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya beberapa waktu lalu.

Bupati Malang Rendra Kresna mengatakan, strategi pembangunan Kabupaten Malang berfokus pada tiga hal, yakni pengurangan angka kemiskinan, penguatan lingkungan hidup, dan memperkuat di bidang kepariwisataan.

"Pariwisata merupakan salah satu strategi dan fokus pembangunan di Kabupaten Malang, Kementerian Pariwisata menunjuk Singosari menjadi KEK dan ini peluang untuk menggarapnya secara serius," ujar Rendra berbincang dengan detikcom, Minggu (13/8/2017).

Bentuk keseriusan Pemkab Malang, kata Rendra, dengan menyiapkan segala persyaratan agar KEK Singosari segera terwujudkan. Area lahan seluas hampir 300 hektare telah disiapkan untuk disulap menjadi KEK di Singosari.

"Proses mulai dari kajian dan sebagainya mulai berjalan. Lahan telah ada sekitar 300 hektare, investor yang mendukung mewujudkan KEK Singosari. Saya harap akhir tahun nanti final, dan tahun kedepannya mulai berjalan," kata politisi NasDem ini.

Singosari memiliki banyak nuansa dan sejarah. Daerah seluas hampir 68,23 kilometer persegi, merupakan wujud nyata kejayaan Kerajaan Singhasari atau Tumapel dengan beragama situs peninggalannya. Singosari juga berlokasi dekat dengan Bromo Tenggeru Semeru, satu dari sepuluh destinasi pariwisata tengah digarap serius oleh pemerintah pusat.

Singosari termasuk wilayah strategis pengembangan pariwisata, sektor industri dan perdagangan tumbuh subur di sekitarnya. "Singosari sangat kental sekali dengan sejarah Kerajaan Singosari, dan wilayahnya dekat dengan Bromo Tengger Semeru. Dan yang terpenting KEK itu harus tersedia lahan dan ini sudah ada untuk disiapkan menjadi kawasan khusus (KEK)," beber Rendra.

Apa saja wujud KEK yang berdiri diatas lahan itu? Rendra menjelaskan, area bisnis, perdagangan, pendidikan, rumah sakit dan pariwisata akan menjadi satu dalam kawasan itu. Seperti zonasi sebagai pusat ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Malang wilayah utara.

"Dalam satu kawasan akan ada berbagai layanan dan fasilitas ekonomi dan pariwisata, kesehatan serta pendidikan. Kemajuannya pasti pesat, dan tentunya membawa dampak positif, dengan membuka lapangan pekerjaan, perdagangan, pariwisata, dan tentunya banyak hal yang menguntungkan masyarakat sekitar dan Kabupaten Malang," terang Ketua DPW Partai NasDem Jawa Timur ini.

Menurut dia, Pemkab Malang mempunyai peran besar terwujudnya KEK Singosari dalam beberapa bulan lagi, dengan gencar mendorong Gerakan Aksi Sadar Wisata dan Aksi Sadar Pesona.

"Memudahkan nanti dalam proses perijinan, penyiapan kawasan, dan segala kemudahan demi terwujudnya KEK. Terpenting juga dalam pengembangan pariwisata yakni menyiapkan masyarakatnya (people), lingkungannya (planet) dan profit (ekonomi) dikenal 3P itu," tutup Rendra.
(bdh/bdh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed