DetikNews
Jumat 11 Agustus 2017, 18:33 WIB

PT KAI Daop 9 Tambah Rangkaian Kereta Sambut JFC

Yakub Mulyono - detikNews
PT KAI Daop 9 Tambah Rangkaian Kereta Sambut JFC Jember Fashion Carnaval dipromosikan melalui kostum (Foto: Istimewa)
Jember - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 9 Jember menambah satu rangkaian kereta untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama berlangsungnya event Jember Fashion Carnaval. Kereta tambahan dengan kapasitas 100 tempat duduk itu ikut dalam rangkaian KA Mutiara Timur jurusan Surabaya–Banyuwangi.

"PT KAI Daop 9 Jember menambah 1 kereta kelas ekonomi dengan kapasitas 100 tempat duduk pada rangkaian KA Mutiara Timur pada perjalanan tanggal 11 sampai 14 Agustus 2017," kata Humas PT KAI Daop 9 Jember Luqman Arif, Jumat (11/8/2017).

Menurut Luqman, KA Mutiara Timur melakukan perjalanan dua kali dari Banyuwangi ke Surabaya. "Kalau pagi itu pukul 09.00 WIB, sampai Jember pukul 11.20 WIB. Malam pukul 22.00 WIB, sampai Jember pukul 00.00 WIB," katanya.

Penambahan rangkaian kereta itu, sambung Luqman, merupakan hasil evaluasi selama berlangsungnya JFC tahun–tahun sebelumnya. Karena masyarakat yang menyaksikan JFC datang dari berbagai kota, maka jumlah penumpang kereta api cenderung mengalami kenaikan.

"Selama pelaksanaan JFC dan sesudahnya, permintaan masyarakat pengguna jasa transportasi kereta api selalu mengalami kenaikan. Karena masyarakat yang menyaksikan JFC pun kan banyak, dari berbagai kota. Karena memang ini ajang karnaval nasional. Ketika mereka datang ke Jember mereka membutuhkan layanan kereta api itu. Maka dari itu PT KAI memberikan tambahan gerbong," terang Luqman.

Ada diskon bagi yang membeli tiket di booth PT KAIAda diskon bagi yang membeli tiket di booth PT KAI (Foto: Istimewa)
"Dan terbukti sejak kemarin sore sampai siang tadi volume penumpang yang datang ke stasiun Jember naik. Bahkan mulai hari ini sampai Minggu besok KA Mutiara Timur dan Ranggajati sudah penuh," tambahnya.

Puncak acara JFC sendiri memang akan berlangsung pada Minggu (13/8). Pada acara puncak itu, Presiden Jokowi rencananya juga akan hadir untuk menyaksikan langsung.

"Sampai Minggu besok, penumpang untuk kedatangan ke Jember rata–rata naik 20 persen. Sedangkan untuk Mutiara Timur Siang maupun Malam dan KA Ranggajati tiketnya sudah penuh. Untuk Jember sendiri setiap hari ada 7 perjalanan kereta api," urai Luqman.

Masih dalam rangka mendukung event JFC ini, PT KAI juga memberi diskon harga tiket. PT KAI memberikan diskon sampai 20 persen kepada pengunjung event JFC yang memesan atau membeli tiket KA di Booth PT KAI selama pelaksanaan JFC berlangsung.

"Kami ada booth penjualan tiket di alun- alun tempat berlangsungnya JFC. Jika beli tiket di sana, kami beri diskon hingga 20 persen," kata Luqman.

Diskon tarif KA tersebut berlaku untuk semua perjalanan KA komersial jarak jauh kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi non subsidi dengan berbagai kota tujuan. Besaran diskon yang diberikan, yaitu 20 persen untuk perjalanan pada hari Senin, Selasa, Rabu dan Kamis.

Sedangkan untuk perjalanan Jum'at, Sabtu, Minggu dan Hari Besar Nasional, akan mendapat diskon 10 persen. "Pemberian diskon tarif KA tersebut hanya bisa dilakukan di Booth PT KAI di area pelaksanaan JFC," tandas Luqman.

Foto: Istimewa

(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed