DetikNews
Kamis 10 Agustus 2017, 13:34 WIB

Penjual Hewan Kurban di Lamongan Sudah Mulai Diserbu Pembeli

Eko Sujarwo - detikNews
Penjual Hewan Kurban di Lamongan Sudah Mulai Diserbu Pembeli Foto: Eko Sujarwo
Lamongan - Menjelang hari Raya idul Adha, permintaan hewan kurban di Lamongan mulai ramai pembeli. Mereka membeli hewan kurban jauh-jauh hari untuk menghindari naiknya harga hewan ternak.

Ramainya pembeli hewan kurban ini diakui oleh para peternak di Lamongan. Salah seorang peternak sapi dari Kelompok Tani Ternak Barokah Jaya, Desa Soko, Kecamatan Tikung, Haji Supar mengatakan, 3 pekan menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah, permintaan hewan kurban sudah mulai ramai pembeli.

Kebanyakan, kata Supar, para pembeli tersebut adalah warga asal Lamongan saja atau tetangga desa, yang tak ingin harga hewan ternak meroket.

"Sudah sejak sebulan sebelum hari raya kurban sudah banyak warga yang sudah membeli hewan kurban," kata Supar, Kamis (10/8/2017).

Supar mengatakan saat ini puluhan sapinya sudah dipesan pembeli dan akan diambil pemesan mendekati Idul Adha. Sampai saat ini, dari puluhan ekor sapi miliknya, kata Supar, sudah laku 18 ekor.

"Pemesan tak hanya berasal dari Kabupaten Lamongan saja, sejumlah daerah di sekitar Kabupaten Lamongan juga banyak yang sudah memesan," kata Supar yang mengaku kalau pembeli luar kota ada yang dari Gresik dan Surabaya.

Supar menyebutkan, saat ini harga sapi masih cukup beragam, bergantung pada ukuran dan berat sapi. Harganya, kata Supar, paling kecil Rp 18 juta dan yang terbesar Rp 32 juta.

Sementara, di Kelompok Tani Ternak Barokah Jaya ini menyediakan 50 ekor dengan berbagai jenis, seperti jenis Limosin, Simental dan Brahman serta peranakan ongole (PO) dengan harga yang bervariasi tergantung bobot hewannya.

Hal yang sama juga diakui oleh peternak sapi lainnya yang ada di Lamongan, Nurul Huda. Nurul Huda mengakui kalau saat ini ternak sapinya juga sudah banyak yang terjual. Kebanyakan, kata Nurul, para pembeli adalah warga lokal sembari mereka menitipkan ternak sampai hari raya kurban.

"Jadi hewan ternak ini mereka titipkan di sini terus nanti pada saat Idul Adha mereka tinggal mengambil saja," tutur Nurul.
(bdh/bdh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed