Anjing yang Gigit Ramiza Hingga Tewas Berjenis Bully Classic

Muhammad Aminuddin - detikNews
Selasa, 08 Agu 2017 19:57 WIB
Anjing yang menggigt Ramiza Bazigha hingga tewas (Foto: Istimewa)
Malang - Anjing yang menggigit Ramiza Bazigha hingga tewas adalah jenis Bully Classic atau dikenal dengan nama lain American Bully. Anjing jenis ini sering diikutkan kontes yang menampilkan kekuatan ototnya.

Ketua Ngalam Pitbull Community (NPC) Indra Khusnul memastikan jika Sapi, nama anjing tersebut, adalah jenis Bully Classic, jenis anjing dari Ras Pit.

"Itu jenis bully classic bukan pitbull, memang di ras itu hampir mirip-mirip dan ada banyak, terkadang bisa salah menyebutnya jenisnya," kata Indra kepada detikcom, Selasa (8/8/2017).

Indra menambahkan, anjing jenis ini banyak diikutkan kontes, termasuk Sapi, yang pernah dibawa pemiliknya mengikuti kompetisi.

"Pernah dulu diikutkan oleh si pemilik, mereka sudah merawat hampir selama empat tahun," katanya di ujung telpon.

Setahu Indra, anjing jenis Bully Classic adalah hewan yang senang berinteraksi dengan orang atau pemilik. Karena memiliki perilaku setia, ceria, dan sebagai anjing penjaga tuannya.

Kekuatan otot tubuhnya, memang melebihi anjing jenis lain. Jika rutin dilatih serta pola makan yang baik, maka bully classic yang dimiliki akan berkelas.

"Sebenarnya bukan anjing yang agresif, atau pemarah. Jenis ini merupakan anjing jinak dan patuh," tuturnya.

Soal apa yang menimpa Ramiza? Indra tidak dapat berkomentar banyak, takdir bisa saja menjadi penyebabnya.

Karena sudah sekitar empat tahun, Sapi bersama Ramiza dan keluarganya. Interaksi mereka sudah tak terbatas, artinya Sapi tidak membahayakan.

"Mungkin terkejut, terus bereaksi seperti itu. Ini kemungkinan yang terjadi, karena sudah lama dirawat," jelasnya.

Ditambahkan, merawat anjing jenis ini juga dibutuhkan komitmen untuk pemilik, mulai dari tempat atau kandang hingga pola makan.

"Pada umumnya butuh komitmen, pola makan, latihan dan kasih sayang. Bukan kami terus mengatakan ada yang salah pada perawatan Sapi, jangan sampai salah arti," tegasnya.

Indra juga mempersilahkan untuk mencari informasi tentang bully classic dan perbedaannya dengan jenis Ras Pit lainnya di internet. (iwd/iwd)