DetikNews
Selasa 08 Agustus 2017, 15:53 WIB

BPBD Pasuruan Suplai Air Bersih ke Warga di Lereng Bromo

Muhajir Arifin - detikNews
BPBD Pasuruan Suplai Air Bersih ke Warga di Lereng Bromo Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan merespon laporan warga yang kesulitan air. Dua armada truk tangki berisi air bersih langsung dikirim ke empat dusun di dua desa Kecamatan Lumbang.

"Setelah dapat laporan kami langsung suplai dua tangki air bersih ke dua dusun. Sementara suplai akan dilakukan dua hari sekali. Minggu depan baru bisa setiap hari akan kami kirim," kata Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana, Selasa (8/8/2017).

Bakti mengakui di Dusun Krajan I, Krajan II dan Krajan III Desa Watulumbung dan Dusun Banyu Putih Desa Cukurguling memang tengah kesulitan air karena debit sejumlah sumber menyusut. Meski demikian, warga masih bisa mendapatkan air bersih untuk masak dan minum. "Yang tak mencukupi kalau untuk MCK," ujarnya.

Suplai air bersih ke 4 dusun tersebut menggunakan anggaran tak terduga BPBD. Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Dinas Sosial dan Dinas Cipta Karya.

"Pihak swasta dalam hal ini perusahaan-perusahaan juga akan kita ajak berpartisipasi menyuplai air bersih," tandasnya.

Desa Watulumbung dan Desa Cukurguling merupakan dua dari 4 desa di lereng Gunung Bromo ini yang masuk kategori rawan kekeringan. Saat ini dua desa lainnya, yakni Desa Karangasem dan Desa Karangjati masih aman.

Camat Lumbang, M Agus Masjhady, mengatakan sepanjang tahun warga Lumbang selalu memanfaatkan air dari tandon-tandon yang airnya berasal dari sejumlah sumber diantaranya Madakaripura.

Saat musim hujan, debit air besar sehingga waktu pengisian jirigen dari tandon-tando lebih cepat dan tak menyebabkan antrean. Namun saat musim kemarau, waktu pengisian jirigen lebih lama karena debit menyusut.

"Kami berharap rencana pembangunan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) segera terealisasi, sehingga warga lebih mudah mendapatkan air bersih, tak perlu antre lagi. Kecamatan Lumbang kan informasinya dapat SPAM sebagai kompensasi proyek Umbulan," tandas Agus.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed