DetikNews
Sabtu 05 Agustus 2017, 14:55 WIB

Jaringan 4G Telkomsel Masuk di Kaki Semeru, ini Kata BB TNBTS

Muhammad Aminuddin - detikNews
Jaringan 4G Telkomsel Masuk di Kaki Semeru, ini Kata BB TNBTS BTS Combat Telkomsel di Ranu Pani (Foto: Muhammad Aminudin/dok)
Lumajang - Akses 4G LTE telah masuk ke jalur pendakian Gunung Semeru. Masuknya jaringan seluler dengan teknologi tercanggih ini disambut baik Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) selaku pengelola kawasan konservasi.

"Kami mendengar provider (Telkomsel) telah memasang jaringan 4G di Ranupani, tentunya sangat membantu kami atau pendaki dalam berkomunikasi," ujar Kepala Bidang Konservasi BB TNBTS Wahyudi kepada detikcom, Sabtu (5/8/2017).

Wahyudi mengatakan, pengawasan terhadap jalur pendakian akan lebih mudah dengan memasang cctv. Dengan hadirnya layanan 4G, maka pengawasan melalui cctv bisa dilakukan secara langsung..

"Bagi kita nanti, bisa mudah memasang CCTV mengawasi sepanjang jalur pendakian. Sehingga semua aktivitas bisa terpantau secara langsung," terang Wahyudi.

Baca, Warga Ranu Pani dan Pendaki Semeru Bisa Nikmati Sinyal 4G Telkomsel

Selama ini, lanjut dia, pengawasan hanya mengandalkan personel yang ditempatkan di Resort Ranupani yang merupakan titik awal pendakian Gunung Semeru. Tidak mungkin memantau dan mengawasi sepanjang waktu karena minimnya petugas.

"Semua bisa kami monitor, melalui telpon seluler, dan bisa meminimalisir orang hilang dan sampah khususnya untuk menjaga area konservasi," bebernya.

Setiap hari, kaya Wahyudi, BB TNBTS memberikan kuota sebanyak 500 orang mendaki ke Gunung Semeru. Pendakian gunung tertinggi di Pulau Jawa ini terus meningkat peminatnya.
(iwd/iwd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed